Record Details

Penerapan Pembimbingan Teknik “APIK” untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Kontekstual

Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Penerapan Pembimbingan Teknik “APIK” untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Kontekstual
 
Creator Sunyoto, Sunyoto
 
Description Menyikapi  arti penting media dalam proses pembelajaran maka guru dituntut untuk memiliki kompetensi dalam membuat media pembelajaran dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di lingkungan  sehingga bersifat kontekstual dalam upaya meningkatkan kemampuan profesionalismenya. Kenyataan di lapangan khususnya pada guru  di SDN 4 Cepoko Kecamatan Ngrayun memberikan indikasi bahwa masih dijumpai banyak guru  yang belum melakukan pembuatan media pembelajaran, bahkan masih dijumpai pula guru yang mengajar tanpa menggunakan media, sehingga media yang ada hanya dijadikan pajangan belaka. Masalah ini harus segera dipecahkan agar tidak menimbulkan akibat yang fatal. Solusi yang dipilih penerapan pembimbingan teknik Alternatif, Produk, Inovatif, Keterpakaian (APIK) Penelitian ini  merupakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrumen observasi, wawancara, angket, dan jurnal. Tujuannya adalah : 1)Mendiskripsikan penerapan Pembimbingan Teknik APIK untuk meningkatkan kompetensi Guru  dalam Membuat Media Pembelajaran; 2). Mendiskripsikan peningkatan kompetensi Guru  dalam Membuat Media Pembelajaran melalui Pembimbingan Teknik APIK di SDN 4 Cepoko Kecamatan Ngrayun Ponorogo Semester I Tahun pelajaran 2019/2020. Berdasarkan kreteria kompetensi guru tersebut di atas, dari siklus I, siklus II, dan siklus III rata-rata skor menunjukkan peningkatan, dari rata-rata skor 61,6 ke skor 67,2 dan meningkat menjadi 78 itu berarti upaya guru kelas dalam Membuat Media Pembelajaran sudah signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui  pembimbingan teknik ‘APIK’ dalam pembuatan media pembelajaran kontekstual guru-guru sekolah dasar  telah berhasil, dan standar (layak) berdasarkan kreteria yang ditetapkan.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
 
Date 2021-07-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/13
10.28926/jprp.v1i1.13
 
Source Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP); Vol 1 No 1 (2021): Volume 1, Nomor 1, Juli 2021; 151-162
2798-5628
2798-3331
10.28926/jprp.v1i1
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/13/17
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)