Record Details

Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun RPP Berbasis Karakter Melalui Pembimbingan Berkelanjutan (BinJut)

Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun RPP Berbasis Karakter Melalui Pembimbingan Berkelanjutan (BinJut)
 
Creator Suginah, Suginah
 
Description Satu diantara tugas guru yang mendesaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Oleh karenanya sudah selayaknya RPP disusun oleh guru sebelum melakukan kegiatan pembelajaran.Kenyataan di lapangan memberikan indikasi banyaknya  guru yang melakukan plagiat  dalam  menyusun RPP bahkan ada yang secara terus terang melakukan fotocopy RPP yang ada. Hal ini semata-mata dilakukan guru  hanya ingin mencukupi tuntutan administrasi kelas, walaupun  mereka mengetahui bahwa RPP yang digunakan tidak sesuai  bagi peserta didiknya. Hal ini didukung adanya data yang diperleh peneliti dari observasi awal,  80% semua guru di SDN Wilangan Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo menggunakan RPP yang bukan buatan sendiri, dan 90% dari RPP yang digunakan belum bermuatan  pendidikan karakter.  Hal ini merupakan masalah yang urgen untuk segera dipecahkan agar tidak berdampak fatal. Solusi yang dipilih Pembimbingan Berkelanjutan (BINJUT). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Data dikumpulkan dengan instrumen observasi, wawancara, angket, dan jurnal. Tujuannya: 1).Mendiskripsikan penerapan BINJUT dalam upaya meningkatkan kompetensi Guru dalam menyusun 2) Mendiskripsikan peningkatan kompetensi menyusun RPP pada Guru SDN Wilangan Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020.setelah mengikuti BINJUT.  Hasilnya menunujukkan peningkatan mean skor dalam setiap siklusnya, yakni  siklus I memperoleh 64; Siklus II menjadi 74., Siklus III meningkat menjadi 81,6 , sehingga dapat disimpulkan bahwa BINJUT efektif untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP bermuatan Karakter.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
 
Date 2021-07-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/12
10.28926/jprp.v1i1.12
 
Source Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP); Vol 1 No 1 (2021): Volume 1, Nomor 1, Juli 2021; 137-150
2798-5628
2798-3331
10.28926/jprp.v1i1
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/12/16
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)