Record Details

Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika
 
Creator Suwantin, Siti
 
Description Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa Kelas III SD Negeri Payungrejo Ketuntasan hasil belajar secara klasikal masih rendah yaitu 65%  mempunyai nilai di bawah KKM (nilai 70). Tujuan penelian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Payungrejo Kecamatan Kutorejo sebanyak 20 siswa. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar tes hasil belajar dan lembar aktivitas belajar siswa. Setelah dilakukan analisis data, disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada siklus I prosentase aktivitas belajar siswa sebesar 55% meningkat menjadi 85% pada siklus II, sedangkan ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 65% pada siklus I meningkat menjadi 90% pada siklus II. Ini menunjukan peningkatan hasil belajar yang cukup signifikan. Berdasarkan data–data tersebut pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dapat digunakan alternative dalam meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
 
Date 2021-07-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/10
10.28926/jprp.v1i1.10
 
Source Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP); Vol 1 No 1 (2021): Volume 1, Nomor 1, Juli 2021; 114-121
2798-5628
2798-3331
10.28926/jprp.v1i1
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/10/15
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)