Record Details

Selalu Berhemat Energi Melalui Pendekatan Scientific Berbantuan Media Interaktif untuk Guna Meningkatan Hasil Belajar

Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Selalu Berhemat Energi Melalui Pendekatan Scientific Berbantuan Media Interaktif untuk Guna Meningkatan Hasil Belajar
 
Creator Nurkhosidah, Siti
 
Description Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan dengan berbantuan media Interaktif dapat meningkatkan hasil belajar tema Selalu Berhemat Energi (2) Mendeskripsikan penerapan pendekatan scientific berbantuan media interaktif untuk meningkatan hasil belajar di kelas iv sd negeri tiron 4 kecamatan banyakan kabupaten kediri. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Satu siklus terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perilaku guru pada siklus I memperoleh rata-rata skor 19 dengan kategori baik dan pada siklus II rata-rata skor yaitu 23,50 dengan kategori sangat sangat baik; (2) Perilaku belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 16,80 dengan kategori baik. Sedangkan skor pada siklus II menjadi 21,30 dengan kategori sangat baik; (3) Peningkatan hasil belajar siklus I dengan nilai rata-rata 66,13 dengan presentase siswa yang memenuhi KKM hanya 45,45% atau 10 siswa yang nilainya ≥75, setelah dilakukan tindakan pada siklus pertama nilai rata-rata tersebut meningkat menjadi 75,00 dengan presentase siswa yang memenuhi KKM (≥75) menjadi 15 siswa atau 68,18%. Nilai rata-rata siswa meningkat lagi menjadi 82,89 dengan presentase siswa yang memenuhi KKM (≥75) 20 siswa atau 90,91% pada siklus II. Simpulan penelitian ini adalah melalui tema selalu berhemat energi berbantuan media interaktif dapat meningkatkan hasil belajar di kelas IV SD Negeri Tiron 4 Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri. Saran dari peneliti, yaitu hendaknya guru menggunakan media yang inovatif salah satunya adalah media interaktif
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
 
Date 2021-07-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/7
 
Source Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP); Vol 1 No 1 (2021): Volume 1, Nomor 1, Juli 2021; 74-94
2798-5628
2798-3331
10.28926/jprp.v1i1
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/7/12
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)