Record Details

Penerapan Metode Role Playing Dengan Pendekatan Scientific Meningkatkan Hasil Belajar Berbicara Bahasa Inggris

Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Penerapan Metode Role Playing Dengan Pendekatan Scientific Meningkatkan Hasil Belajar Berbicara Bahasa Inggris
 
Creator Surip, Surip
 
Description Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan Metode Role Playing dengan pendekatan Scientific dapat meningkatkan hasil belajar Berbicara Bahasa Inggris. 2) Mendeskripsikan penerapan Metode Role Playing dengan pendekatan Scientific. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas guru pada siklus I tercapai 74,07% kualifikasi Baik (B), pada siklus II meningkat menjadi 88,89% dengan kualifikasi Sangat Baik (A)  (2) Aktivitas belajar siswa pada siklus I tercapai 67,71% kualifikasi Baik (B), pada siklus II meningkat menjadi 90,63% termasuk dalam kualifikasi Sangat Baik (A); (3) Peningkatan hasil belajar siklus I dengan nilai rata-rata 73,53 pada siklus II menjadi 83,91. Sedangkan ketuntasan belajar siklus I ada 23 siswa (71,88%) yang dinyatakan tuntas, pada siklus II meningkat menjadi 30 siswa (93,75%) sedangkan 9 siswa (28,12%) tidak tuntas pada siklus I terjadi peningkatan pada siklus II tinggal 2 siswa (6,25%). Simpulan penelitian ini adalah melalui Metode Role Playing dengan pendekatan Scientific dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris aspek Berbicara pada siswa kelas VII-B UPTD SMP Negeri 1 Tarokan Kabupaten Kediri.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
 
Date 2021-07-02
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/6
 
Source Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP); Vol 1 No 1 (2021): Volume 1, Nomor 1, Juli 2021; 45-58
2798-5628
2798-3331
10.28926/jprp.v1i1
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/6/5
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)