Penerapan Metode Role Playing Dengan Pendekatan Scientific Meningkatkan Hasil Belajar Berbicara Bahasa Inggris
Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Penerapan Metode Role Playing Dengan Pendekatan Scientific Meningkatkan Hasil Belajar Berbicara Bahasa Inggris
|
|
Creator |
Surip, Surip
|
|
Description |
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan Metode Role Playing dengan pendekatan Scientific dapat meningkatkan hasil belajar Berbicara Bahasa Inggris. 2) Mendeskripsikan penerapan Metode Role Playing dengan pendekatan Scientific. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas guru pada siklus I tercapai 74,07% kualifikasi Baik (B), pada siklus II meningkat menjadi 88,89% dengan kualifikasi Sangat Baik (A) (2) Aktivitas belajar siswa pada siklus I tercapai 67,71% kualifikasi Baik (B), pada siklus II meningkat menjadi 90,63% termasuk dalam kualifikasi Sangat Baik (A); (3) Peningkatan hasil belajar siklus I dengan nilai rata-rata 73,53 pada siklus II menjadi 83,91. Sedangkan ketuntasan belajar siklus I ada 23 siswa (71,88%) yang dinyatakan tuntas, pada siklus II meningkat menjadi 30 siswa (93,75%) sedangkan 9 siswa (28,12%) tidak tuntas pada siklus I terjadi peningkatan pada siklus II tinggal 2 siswa (6,25%). Simpulan penelitian ini adalah melalui Metode Role Playing dengan pendekatan Scientific dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris aspek Berbicara pada siswa kelas VII-B UPTD SMP Negeri 1 Tarokan Kabupaten Kediri.
|
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
|
|
Date |
2021-07-02
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/6
|
|
Source |
Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP); Vol 1 No 1 (2021): Volume 1, Nomor 1, Juli 2021; 45-58
2798-5628 2798-3331 10.28926/jprp.v1i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/6/5
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)
|
|