Record Details

Meningkatan Kemampuan Gerak Dasar Lompat Tinggi Gaya Straddle Melalui Pendekatan Bermain

Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Meningkatan Kemampuan Gerak Dasar Lompat Tinggi Gaya Straddle Melalui Pendekatan Bermain
 
Creator Mudhofir, Moh. Abd.
 
Description Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan gerak dasar lompat tinggi gaya Straddle (2) Mendeskripsikan penerapan gerak teknik dasar Lompat Tinggi Gaya Straddle. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan sebagai berikut, Peningkatan kualitas proses maupun hasil dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dari sebelum tindakan hingga akhir siklus terakhir, dalam penelitian ini adalah akhir siklus II. Aktivitas guru dalam melaksanakan proses pembelajaran pada siklus I pertemuan pertama memperoleh jumlah skor 43 persentasenya 51,19% dalam kategori Kurang (K) pada pertemuan kedua meningkat menjadi 52,61% dalam kategori Cukup (C). Padasiklus II terjadi peningkatan persentasenya 64,76% dalam kategori Baik (B) pada pertemuan kedua meningkat menjadi 89,29% dalam kategori Amat Baik (C). Aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran pada siklus I pertemuan pertama memperoleh jumlah skor 31 persentasenya 51,67% dalam kategori Kurang (K) pada pertemuan kedua meningkat menjadi 58,33% dalam kategori Cukup (C). Padasiklus II terjadi peningkatan persentasenya 76,67% dalam kategori Baik (B) pada pertemuan kedua meningkat menjadi 88,33% dalam kategori Amat Baik (C). Hasil belajar siswa, kemampuan melakukan teknik dasar Lompat Tinggi Gaya Straddle pada siklus I ketuntasan belajar baru mencapai 60,87% (14 siswa) pada siklus II meningkat menjadi 91,30 % (21 siswa).
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
 
Date 2021-07-02
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/5
 
Source Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP); Vol 1 No 1 (2021): Volume 1, Nomor 1, Juli 2021; 35-44
2798-5628
2798-3331
10.28926/jprp.v1i1
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/5/4
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)