Record Details

Model Pembelajaran Creative Problem Solving Meningkatan Hasil Belajar IPA Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Model Pembelajaran Creative Problem Solving Meningkatan Hasil Belajar IPA Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup
 
Creator Mariatik, Mariatik
 
Description Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar ipa materi sub tema ciri-ciri makhluk hidup. (2) Mendeskripsikan Penerapan model pembelajaran creative problem solving. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving dapat meningkatkan aktivitas guru dalam melaksanakan proses pembelajaran pada akhir pertemuan kedua siklus I diperoleh skor 17 persentasenya 66,67% dengan kategori Baik (B) pada akhir pertemuan siklus II meningkat menjadi 91,17% dengan kategori Baik Sekali (A). Peningkatan tersebut juga terjadi pada aktivitas siswa secara kelompok pada akhir pertemuan kedua siklus I memperoleh rata-rata 69,57% dengan kategori baik (B) pada siklus II meningkat menjadi mencapai 86,11% dengan kategori Baik Sekali (A). Nilai rata-rata kelas siklus I 75,80 menjadi 82,64 pada siklus II. Ketuntasan belajar siklus I ada 16 siswa (64,00%) pada siklus II meningkat menjadi 23 siswa (92,00%) tinggal 2 siswa (8,00%) dinyatakan tidak tuntas. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi Sub Tema  ciri-ciri makhluk hidup pada peserta didik kelas III SD Negeri Tiron 4, Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
 
Date 2021-07-02
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/3
 
Source Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP); Vol 1 No 1 (2021): Volume 1, Nomor 1, Juli 2021; 20-34
2798-5628
2798-3331
10.28926/jprp.v1i1
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/3/3
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)