Meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan Dengan Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT)
Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan Dengan Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT)
|
|
Creator |
Subroto, Ibnu
|
|
Description |
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikanpeningkatan belajar kompetensi keahlian teknik computer dan jaringan dengan mengunakan model pembelajaran Team games Tournament (TGT). 2) Mendeskripsikan Pelaksanaan model pembelajaran Team games Tournament (TGT). Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar setelah menggunakan model pembelajaran TGT. Dilihat dari rata-rata hasilbelajar siklus I sebesar 49,14% dengan ketuntasan klasikal sebesar 5,71%. Dari rata-rata hasil hasil belajar siklus II yakni sebesar 78,28% dengan ketuntasan klasikalnya 97,14%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui model pembelajaran TGT mampu meningkatkan hasil belajar siswa dan lebih efektif meningkatkan hasil belajar kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan pada standar kompetensi Melakukan Perbaikan Dan Atau Setting Ulang Sistem PC siswa Kelas X APHP 3 SMK Negeri 1 Trenggalek. Saran bagi guru adalah, guru menganjurkan kepada siswa untuk membawa buku paket atau buku referensi, memberikan pertanyaan-pertanyaan seputar materi yang disampaikan kepada siswa yang berbicara sendiri dan guru mengkondisikan siswa untuk selalu belajar.
|
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
|
|
Date |
2021-07-02
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/2
10.28926/jprp.v1i1.2 |
|
Source |
Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP); Vol 1 No 1 (2021): Volume 1, Nomor 1, Juli 2021; 14-19
2798-5628 2798-3331 10.28926/jprp.v1i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/2/2
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)
|
|