Record Details

Meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan Dengan Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT)

Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan Dengan Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT)
 
Creator Subroto, Ibnu
 
Description Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikanpeningkatan belajar kompetensi keahlian teknik computer dan jaringan dengan mengunakan model pembelajaran Team games Tournament (TGT). 2) Mendeskripsikan Pelaksanaan model pembelajaran Team games Tournament (TGT). Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar setelah menggunakan model pembelajaran TGT. Dilihat dari rata-rata hasilbelajar siklus I sebesar 49,14% dengan ketuntasan klasikal sebesar 5,71%. Dari rata-rata hasil hasil belajar siklus II yakni sebesar 78,28% dengan ketuntasan klasikalnya 97,14%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui model pembelajaran TGT mampu meningkatkan hasil belajar siswa dan lebih efektif meningkatkan hasil belajar kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan pada standar kompetensi Melakukan Perbaikan Dan Atau Setting Ulang Sistem PC siswa Kelas X APHP 3 SMK Negeri 1 Trenggalek. Saran bagi guru adalah, guru menganjurkan kepada siswa untuk membawa buku paket atau buku referensi, memberikan pertanyaan-pertanyaan seputar materi yang disampaikan kepada siswa yang berbicara sendiri dan guru mengkondisikan siswa untuk selalu belajar.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
 
Date 2021-07-02
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/2
10.28926/jprp.v1i1.2
 
Source Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP); Vol 1 No 1 (2021): Volume 1, Nomor 1, Juli 2021; 14-19
2798-5628
2798-3331
10.28926/jprp.v1i1
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/2/2
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)