Record Details

Model Pembelajaran Guided Inquiry Meningkatan Hasil Belajar IPA Materi Organ Gerak Hewan dan Manusia

Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Model Pembelajaran Guided Inquiry Meningkatan Hasil Belajar IPA Materi Organ Gerak Hewan dan Manusia
 
Creator Harini, Alis
 
Description Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan hasil belajar IPA tema organ gerak hewan dan manusia, melalui model pembelajaran Guided Inquiry. (2) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Guided Inquiry. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dengan melakukan empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, nilai rata-rata keseluruhan peserta didik yang diperoleh pada siklus I sebesar 72,22 dan meningkat pada siklus II menjadi 83,70. Dan ketuntasan belajar pada siklus I hanya ada 17 peserta didik (62,96%) yang dinyatakan tuntas, meningkat pada siklus II menjadi 25 peserta didik (92,59% ) tinggal 2 peserta didik (7,41%) dinyatakan tidak tuntas. Sedangkan hasil observasi aktivitas guru pada siklus I mencapai persentase 70,37% dan siklus II 92,59%, peningkatan aktivitas guru juga diikuti peningkatan aktivitas peserta didik, siklus I mencapai persentase 65,83% dan siklus II mencapai 90,00%. Dengan demikian penerapan model pembelajaran Guided Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar IPA tema organ gerak hewan dan manusia pada peserta didik kelas V SD Negeri Manyaran 1 Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
 
Date 2021-07-02
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/1
10.28926/jprp.v1i1.1
 
Source Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP); Vol 1 No 1 (2021): Volume 1, Nomor 1, Juli 2021; 1-13
2798-5628
2798-3331
10.28926/jprp.v1i1
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/1/1
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)