Perencanaan Pembelajaran Reggio Emilia pada Anak Usia Dini
SINDA: Comprehensive Journal of Islamic Social Studies
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Perencanaan Pembelajaran Reggio Emilia pada Anak Usia Dini
|
|
Creator |
Setyowati, Rina Insani
Farantika, Dessy |
|
Description |
Tujuan dari kajian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan pembelajaran Reggio Emilia pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan rancangan studi kepustakaan (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan kurikulum di dalam pembelajaran Reggio Emilia dikenal sebagai emergen kurikulum, di mana penyusunan kurikulum dimulai dengan melakukan observasi minat anak. Dalam pelaksanaan pembelajaran Reggio Emilia metode pembelajaran yang digunakan dikenal dengan istilah episode dan proyek, di mana anak dapat melakukan sendiri atau secara berkelompok. Episode merupakan perjumpaan jangka pendek, dan perjumpaan jangka panjang disebut proyek. Sedangakan sumber belajar terdapat istilah lingkungan merupakan guru ketiga yaitu Lingkungan merupakan sumber penting untuk perkembangan hubungan antara anak dan orang dewasa, dan hal tersebut tercermin dari penataan ruang fisik yang disatukan dan dilengkapi sehingga dapat menyatukan anak dengan orang dewasa. Guru menciptakan lingkungan yang ramah di mana perkembangan hubungan anak-anak dengan orang dewasa dapat lebih optimal. Penataan kelas, material, dan waktu, peran guru dan peran orangtua sangat penting mendukung proses pembelajaran. Pengorganisasian pembelajaran Reggio Emilia pada anak usia dini meliputi peran anak, peran gurum peran orang tua dan keluarga.
|
|
Publisher |
Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Date |
2021-12-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/sinda/article/view/209
|
|
Source |
SINDA: Comprehensive Journal of Islamic Social Studies; Vol 1 No 3 (2021): Volume 1 No. 3, Desember 2021; 146-164
2776-6489 2797-0612 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/sinda/article/view/209/142
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 SINDA: Comprehensive Journal of Islamic Social Studies
|
|