Record Details

Perencanaan Pembelajaran Reggio Emilia pada Anak Usia Dini

SINDA: Comprehensive Journal of Islamic Social Studies

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Perencanaan Pembelajaran Reggio Emilia pada Anak Usia Dini
 
Creator Setyowati, Rina Insani
Farantika, Dessy
 
Description Tujuan dari kajian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan  pembelajaran Reggio Emilia pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan rancangan studi kepustakaan (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan kurikulum di dalam pembelajaran Reggio Emilia dikenal sebagai emergen kurikulum, di mana penyusunan kurikulum dimulai dengan melakukan observasi minat anak.  Dalam pelaksanaan pembelajaran Reggio Emilia metode pembelajaran yang digunakan dikenal dengan istilah episode dan proyek, di mana anak dapat melakukan sendiri atau secara berkelompok. Episode merupakan perjumpaan jangka pendek, dan perjumpaan jangka panjang disebut proyek. Sedangakan sumber belajar terdapat istilah lingkungan merupakan guru ketiga yaitu Lingkungan merupakan sumber penting untuk perkembangan hubungan antara anak dan orang dewasa, dan hal tersebut tercermin dari penataan ruang fisik yang disatukan dan dilengkapi sehingga dapat menyatukan anak dengan orang dewasa. Guru menciptakan lingkungan yang ramah di mana perkembangan hubungan anak-anak dengan orang dewasa dapat lebih optimal. Penataan kelas, material, dan waktu, peran guru dan peran orangtua sangat penting mendukung proses pembelajaran. Pengorganisasian pembelajaran Reggio Emilia pada anak usia dini meliputi peran anak, peran gurum peran orang tua dan keluarga.
 
Publisher Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2021-12-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/sinda/article/view/209
 
Source SINDA: Comprehensive Journal of Islamic Social Studies; Vol 1 No 3 (2021): Volume 1 No. 3, Desember 2021; 146-164
2776-6489
2797-0612
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/sinda/article/view/209/142
 
Rights Copyright (c) 2021 SINDA: Comprehensive Journal of Islamic Social Studies