Penanaman Nilai-Nilai Karakter Bangsa Berbasis Kurikulum 2013 Studi Kasus Di SD Negeri 2 Kepuhrejo Kec. Ngantru Kab. Tulungagung
SINDA: Comprehensive Journal of Islamic Social Studies
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Penanaman Nilai-Nilai Karakter Bangsa Berbasis Kurikulum 2013 Studi Kasus Di SD Negeri 2 Kepuhrejo Kec. Ngantru Kab. Tulungagung
|
|
Creator |
Sumeh, Sumeh
Yusuf, Saifudin Trisnantari, Hikmah Eva |
|
Description |
Tujuan Dari penelitian ini adalah: 1) Proses perencanaan penanaman nilai karakter bangsa berbasis kurikulum 2013 studi kasus di SD Negeri 2 Kepuhrejo, 2) Proses implementasi pendidikan karakter di SD Negeri 2 Kepuhrejo, 3) Tahap Evaluasi dalam implementasi pendidikan karakter di SD Negeri 2 Kepuhrejo. Penelitian ini dengan menggunakan bentuk deskriptif kualitatif. Sumber data diambil dengan cara menghimpun data dari observasi berupa wawancara kepada kepala sekolah, waka kurikulum, guru dan dokumentasi. Pengambilan data dalam penelitian ini dengan cara snow ball sampling. Data primer berupa opini upaya pembelajaran IPS dalam meningkatkan pendidikan karakter bangsa. Data primer didapat melalui survey dan metode observasi. Data sekunder berupa hasil wawancara. Teknik analisis data Reduksi, Penyajian, Penarikan Kesimpulan. Pengecekan data menggunakan Triangulasi Sumber, Triangulasi Teknik, Triangulasi Waktu. Adapaun Hasil penelitiannya sebagai berikut : a) proses perencanaan penanaman nilai-nilai karakter bangsa berbasis kurikulum 2013 studi kasus di SD Negeri 2 Kepuhrejo dilakukan dengan menetapkan silabus, KI dan KD sesuai dengan hasil diskusi di KKG. Sumber belajar yang sudah di tetapkan berdasarkan tema-tema kemudian di sisipkan nilai-nilai karakter sesuai dengan muatan materi ajar. b) Proses implementasi pendidikan karakter di SD Negeri 2 Kepuhrejo menggunakan pendekatan internalisasi yang mengusung penekanan pada pembiasaan, pengalaman langsung, dan keteladanan. Implementasinya dilakukan dengan teknik penguatan motto sekolah, dan tema harian baik yang di dalam kelas maupun diluar kelas. Untuk teknik implementasi pendidikan karakter di luar kelas terdapat program-program rutin yang menjadi budaya sekolah, seperti 3S setiap hari, program kecantikan kelas, apel pagi, IMTAQ, pramuka rutin, dan gotong royong. c) Tahap Evaluasi dalam implementasi pendidikan karakter di SD Negeri 2 Kepuhrejo di dalam kegiatan pembelajaran dilakukan oleh guru melalui tahapan penilaian yang umum dilakukan dengan menambahkan form observasi penilaian aspek sikap yang akhir dari penilaian juga bermuara pada penilaian akhir di rapot.
|
|
Publisher |
Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Date |
2021-08-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/sinda/article/view/32
|
|
Source |
SINDA: Comprehensive Journal of Islamic Social Studies; Vol 1 No 2 (2021): Volume 1, Nomor 2, Agustus 2021; 54-61
2776-6489 2797-0612 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/sinda/article/view/32/30
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 SINDA: Comprehensive Journal of Islamic Social Studies
|
|