Efektivitas Focus Group Discussion (FGD) dan Psikodrama untuk Mengurangi Stres Akademik pada Mahasiswa Baru
SINDA: Comprehensive Journal of Islamic Social Studies
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Efektivitas Focus Group Discussion (FGD) dan Psikodrama untuk Mengurangi Stres Akademik pada Mahasiswa Baru
|
|
Creator |
Astriani, Defi
Puspasari, Dewi |
|
Description |
Fenomena yang sering dialami oleh mahasiswa baru yang belum terbiasa dengan lingkungan akademik adalah stress akademik. Mahasiswa dengan stress akademik merasa tidak mampu menghadapi tanggungjawab, tugas dan organisasi yang ada. Sehingga akan berdampak pada koonsentrasi dan prestasi akademik. Agar permasalahan terkait stress akademik ini tidak berkepanjangan maka diperlukan sebuah penanganan. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi stres akademik pada mahasiswa baru. Quasi experiment adalah jenis penelitian yang digunakan dengan metode non-randomized one group pretest postest design. Subjek penelitian berjumlah 5 orang. Hasil penelitian dianalisis menggunakan SPSS for windows ver. 21, yaitu menggunakan analisis parametrik Paired Sample T-Test. Analsis hasil penelitian menunjukkan nilai p < 0.05 (p = 0.01) artinya skor tersebut signifikan. Hal ini menunjukan bahwa antara skor sebelum dan skor sesudah intervensi menunjukan adanya penurunan stres akademik secara signifikan.
|
|
Publisher |
Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Date |
2021-04-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/sinda/article/view/17
10.28926/sinda.v1i1.17 |
|
Source |
SINDA: Comprehensive Journal of Islamic Social Studies; Vol 1 No 1 (2021): Volume 1, Nomor 1, April 2021; 1-6
2776-6489 2797-0612 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/sinda/article/view/17/9
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 SINDA: Comprehensive Journal of Islamic Social Studies
|
|