Record Details

Efektivitas Focus Group Discussion (FGD) dan Psikodrama untuk Mengurangi Stres Akademik pada Mahasiswa Baru

SINDA: Comprehensive Journal of Islamic Social Studies

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Efektivitas Focus Group Discussion (FGD) dan Psikodrama untuk Mengurangi Stres Akademik pada Mahasiswa Baru
 
Creator Astriani, Defi
Puspasari, Dewi
 
Description Fenomena yang sering dialami oleh mahasiswa baru yang belum terbiasa dengan lingkungan akademik adalah stress akademik. Mahasiswa dengan stress akademik merasa tidak mampu menghadapi tanggungjawab, tugas dan organisasi yang ada. Sehingga akan berdampak pada koonsentrasi dan prestasi akademik. Agar permasalahan terkait stress akademik ini tidak berkepanjangan maka diperlukan sebuah penanganan. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi stres akademik pada mahasiswa baru. Quasi experiment adalah jenis penelitian yang digunakan dengan metode non-randomized one group pretest postest design. Subjek penelitian berjumlah 5 orang. Hasil penelitian dianalisis menggunakan SPSS for windows ver. 21, yaitu menggunakan analisis parametrik Paired Sample T-Test.  Analsis hasil penelitian menunjukkan nilai p < 0.05 (p = 0.01) artinya skor tersebut signifikan. Hal ini menunjukan bahwa antara skor sebelum dan skor sesudah intervensi menunjukan adanya penurunan stres akademik secara signifikan.
 
Publisher Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2021-04-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/sinda/article/view/17
10.28926/sinda.v1i1.17
 
Source SINDA: Comprehensive Journal of Islamic Social Studies; Vol 1 No 1 (2021): Volume 1, Nomor 1, April 2021; 1-6
2776-6489
2797-0612
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/sinda/article/view/17/9
 
Rights Copyright (c) 2021 SINDA: Comprehensive Journal of Islamic Social Studies