Record Details

Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun dengan Penerapan Kegiatan Fun Cooking di TK Al Muhajirin Kota Malang

SINDA: Comprehensive Journal of Islamic Social Studies

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun dengan Penerapan Kegiatan Fun Cooking di TK Al Muhajirin Kota Malang
 
Creator Indrawati, Dwi
Farantika, Dessy
 
Description Kurangnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif dalam kegiatan pembelajaran secara klasikal menyebabkan kurangnya stimulus perkembangan kognitif anak. Tujuan penelitian ini ialah untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun melalui media pembelajaran fun cooking. Penelitian ini berfokus pada stimulus kemampuan aspek kognitif yang berkaitan dengan berpikir logis yang memiliki indikator capaian  mengkelompokkan benda berdasarkan warna, bentuk, ukuran dan membuat sebuah urutan A-B-C-D yang berurutan. Metode penelitian ini ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model penelitian kolaboratif yang terbagi dalam dua siklus. Subjek penelitian yaitu anak usia 5-6 tahun berjumlah 13 anak. Analisis data ini berupa teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif bertujuan untuk mengetahui paparan hasil ketercapaian aspek perkembangan kognitif dengan pelaksanaan kegiatan Fun Cooking dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya kenaikan nilai kelas pada siklus I mencapai 69% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 92%. Pada kedua siklus mengalami kenaikan penilaian kelas sebesar 23%.
 
Publisher Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2021-04-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/sinda/article/view/14
 
Source SINDA: Comprehensive Journal of Islamic Social Studies; Vol 1 No 1 (2021): Volume 1, Nomor 1, April 2021; 7-14
2776-6489
2797-0612
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/sinda/article/view/14/10
 
Rights Copyright (c) 2021 SINDA: Comprehensive Journal of Islamic Social Studies