Record Details

Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pemecahan Masalah Materi Segitiga dan Segiempat Sekolah Menengah Pertama

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pemecahan Masalah Materi Segitiga dan Segiempat Sekolah Menengah Pertama

 
Creator Kadir, Kadir
Alifah, Nur
Amir, Nur Fadhilah Amir Fadhilah Amir
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi segitiga dan segiempat siswa kelas VIII MTs Madani Alauddin. Jenis penelitian yang diaplikasikan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang melibatkan 6 orang siswa sebagai subjek penelitian dengan tingkat kemampuan yang berbeda yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Data dianalisis berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir kreatif yang diperkuat dengan wawancara mendalam. Hasil penelitian yang diperoleh adalah siswa dengan kemampuan tinggi mampu menunjukkan kemampuan yang baik dalam aspek kefasihan (fluency) dan fleksibilitas (fleksibility) tapi masih kurang dalam aspek kebaruan (novelty). Subjek kemampuan sedang tidak menunjukkan aspek kefasihan (fluency), fleksibilitas (fleksibility), dan kebaruan (novelty). Mereka mampu memahami maksud dari soal yang diberikan tetapi masih kekurangan strategi dan informasi untuk menyelesaikan soal. Sementara subjek kemampuan rendah tidak memahami maksud dari pertanyaan yang diberikan, tidak mempunyai strategi penyelesian, serta jawaban yang dihasilkan salah. Hal tersebut mengindikasikan bahwa subjek kemampuan rendah tidak menunjukkan kemampuan berpikir kreatif dari aspek kefasihan (fluency), fleksibilitas (fleksibility), dan kebaruan (novelty). Hasil analisis menujukkan kemampuan berpikir kreatif pada topik segitiga dan segiempat memiliki perbedaan berdasarkan tingkat kemampuan siswa.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2022-01-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/416
10.28926/riset_konseptual.v6i1.416
 
Source Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 6 No 1 (2022): Volume 6, Nomor 1, Januari 2022; 137-148
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 6 No 1 (2022): Volume 6, Nomor 1, Januari 2022; 137-148
2598-2877
2598-5175
 
Language eng
 
Relation https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/416/393
 
Rights Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0