Record Details

Penerapan Model Pembelajaran Problem Centered Learning (PCL) pada Kompetensi Melakukan Penyimpanan Barang Persediaan untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktifitas Belajar

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Penerapan Model Pembelajaran Problem Centered Learning (PCL) pada Kompetensi Melakukan Penyimpanan Barang Persediaan untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktifitas Belajar

 
Creator Andriani, Rachmad
 
Description Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan peningkatan hasil belajar siswa untuk setiap siklusnya. Hasil belajar pada siklus I sebesar 63,2 (kompeten dengan predikat cukup), pada siklus II sebesar 75,5 (kompeten dengan predikat baik), dan pada siklus III sebesar 87,3 (kompeten dengan predikat baik). Hasil rata-rata aktivitas siswa mengalami kenaikan untuk setiap siklusnya, rinciannnya adalah siklus I 67,61% (katagori tinggi), meningkat pada siklus II menjadi 77,56% (katagori sangat tinggi ), meningkat pada Siklus III menjadi 91,48 % (kategori sangat tinggi). Kesan dan tanggapan siswa melalui angket menyatakan bahwa dengan menerapkan model Problem Centered Learning (PCL) pada kompetensi dasar melakukan penyimpanan barang persediaan sangat menyenangkan bagi siswa, dimana siswa bisa bertukar pikiran dengan teman mengenai materi yang disampaikan dan suasana pada saat pembelajaran berlangsung tidak begitu tegang dan lebih santai. Kesan dan tanggapan guru mata pelajaran melalui wawancara menyatakan bahwa dengan menerapkan model PCL membuat kondisi kelas menjadi lebih aktif, siswa menjadi berani dalam mengungkapkan pendapatnya.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2021-10-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/440
10.28926/riset_konseptual.v5i4.440
 
Source Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 5 No 4 (2021): Volume 5, Nomor 4, Oktober 2021; 644-654
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 5 No 4 (2021): Volume 5, Nomor 4, Oktober 2021; 644-654
2598-2877
2598-5175
 
Language eng
 
Relation https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/440/370
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0