Record Details

Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Snowball Throwing di Kelas XI SMK Negeri I Nglegok

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Snowball Throwing di Kelas XI SMK Negeri I Nglegok

 
Creator Wahyudi, Imam
 
Description Matematika adalah salah satu pelajaran yang dianggap sulit bagi siswa, adapun upaya guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan pembelajaran snowball throwing. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan snowball throwing yang dapat meningkatkan kompetensi matematika kelas XI SMK Negeri 1 Nglegok. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus tindakan. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI Tata Boga SMK Negeri 1 Nglegok Semester II dengan jumlah 36 siswa, materi yang dibahas adalah geometri. Penelitian menemukan adalah rata-rata hasil pre-test sampai dengan siklus II yaitu rata-rata hasil pre-test adalah 33,4%, Siklus I adalah 60,4%. Sedangkan siklus II adalah 79,5% Adapun rata-rata aktivitas siswa pada siklus I = 64,3 % dan siklus II = 73,5%. Hal ini membuktikan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2021-04-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/337
10.28926/riset_konseptual.v5i2.337
 
Source Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 5 No 2 (2021): Volume 5, Nomor 2, April 2021; 267-277
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 5 No 2 (2021): Volume 5, Nomor 2, April 2021; 267-277
2598-2877
2598-5175
 
Language eng
 
Relation https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/337/318
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0