Penerapan Model Pembelajaran Demonstrasi Untuk menigkatkan Hasil Belajar Mengolah Hidangan Fussion Food Pada Siswa XII Tata Boga 1 SMKN 3 Blitar
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Penerapan Model Pembelajaran Demonstrasi Untuk menigkatkan Hasil Belajar Mengolah Hidangan Fussion Food Pada Siswa XII Tata Boga 1 SMKN 3 Blitar
— |
|
Creator |
Qolbijatin, Maftukah
|
|
Description |
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk menerapkan model demonstrasi pada mata pelajaran Mengolah Hidangan Fusion Food dan melihat adakah peningkatan hasil belajar setelah diterapkan metode tersebut. Subjek penelitian merupakan siswa kelas XII Tata Boga SMKN 3 Blitar. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan nilai yaitu siklus I yaitu meningkat 14 % , kemudian dilanjutkan siklus II yaitu mengolah hidangan fussion food menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa sebesar 6%. Pelaksanaan model Demonstrasi persentase keaktifan guru adalah 82%, sesuai dengan kriteria keberasilan keterlaksanaan pembelajaran adalah kualifikasi sangat baik dan tingkat keberhasilan dikatakan berhasil. Berdasarkan hasil penelitian, model Demontrasi dapat dipergunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII di SMK Negeri 3 Blitar.
|
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Date |
2021-10-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Identifier |
https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/433
10.28926/riset_konseptual.v5i4.433 |
|
Source |
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 5 No 4 (2021): Volume 5, Nomor 4, Oktober 2021; 623-630
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 5 No 4 (2021): Volume 5, Nomor 4, Oktober 2021; 623-630 2598-2877 2598-5175 |
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|