Record Details

Pengembangan Modul Pembelajaran Praktikum Akuntansi Lembaga/ Instansi Pemerintah

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengembangan Modul Pembelajaran Praktikum Akuntansi Lembaga/ Instansi Pemerintah

 
Creator Nurlaili, Fitri
Mulyati, Budi
Saragih, Fetty Elisa
 
Description Perubahan kurikulum 2013 menyebabkan muncul mata pelajaran baru yaitu Praktikum Akuntansi Lembaga/ Instansi Pemerintah sehingga bahan ajar untuk mata pelajaran ini masih terbatas oleh karena itu  Penelitian ini bertujuan untuk menambah bahan ajar yang layak digunakan dengan cara mengembangkan modul pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and development  adaptasi teori Borg and Gall, Prosedur yang digunakan adalah research and information collecting, planning, develop preliminary form of product, preliminary field testing, main product revision, main field testing, operational product revision. Penelitian dilakukan kepada 3 ahli 14 peserta didik kelas XI SMK PGRI 3 Kota Serang Tahun Ajaran 2019/2020. Hasil pengembangan modul pembelajaran berupa validasi ahli materi dengan rata-rata penilaian 3,55, ahli pendidikan sebesar 3,36 dan ahli desain 3,5 , hasil validasi seluruh ahli pada desain modul memiliki klasifikasi sangat tinggi. Pada uji coba terbatas peserta didik memberikan penilain sebesar 3,75 memiliki klasifikasi sangat tinggi, sehingga pengembangan modul sangat layak digunakan pada kegiatan pembelajaran
 
Buku
Daryanto. (2013). Menyusun Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media
Mardapi, Djemari . (2008) . Teknik Penyusunan InstrumenTes dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press
Sani, Ridwan Abdullah. (2016). Penilaian Autentik. Jakarta: Bumi Aksara
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta
Online
Aryani, Ima. (2017). Efektivitas Penggunaan Modul Pembelajaran Pada Mata Kuliah Ekologi Hewan Materi Populasi Hewan:  Seminar Nasional Pendidikan Sains II UKSW 2017. Hal 41-47
 https://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/11801/2/PROS_Ima%20Aryani_Efektifitas%20Penggunaan%20Modul_fulltext.pdf
Jyestha, Vincentius. (2017).4 Faktor Penyebab Adanya Korupsi Dana Desa Versi ICW. Diakses dari https://www.tribunnews.com/nasional/2017/08/11/4-faktor-penyebab-adanya-korupsi-dana-desa-versi-icw
Lasmiyati& Idris Harta. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP: Phytagoras Jurnal Matematika Pendidikan Matematika  9 ( 2 ) 161-174
https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/9077
Ramadhani, Wachidah Putri & I Ketut Mahardika. (2015). Kegrafikaan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Multirepresentasi:  Seminar Nasional Fisika Dan Pembelajaraanya 2015 hal 85-91 ISBN 978-602-71279-1-9
http://fmipa.um.ac.id/wp-content/uploads/Prosiding2015/Media/Fisika2015_01-Media-Wachida-Putri.pdf
Sadjati, Ida Malati. (2012) . Hakikat Bahan Ajar. Repository.ut.ac.id
Sipayung, Tetty Natalia & Sinta Dameria Simanjuntak. (2017). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Dengan Menggunakan Modul. Aksioma  6 (3).393-398
https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/view/1154
Peraturan Pemerintah
Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 238/PMK.05/2011. (2011). Peraturan Kementerian Keuangan (PMK) tentang Pedoman Umum Sistem Akuntansi Pemerintahan: https://jdih.kemenkeu.go.id/fullText/2011/238~PMK.05~2011Per.HTM
 
Perdirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 464/D.D5/KR/2018.(2018). Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran SMK.
 https://smk.kemdikbud.go.id/konten/4097/kompetensi-inti-dan-kompetensi-dasar-mata-pelajaran-smk-perdirjen-dikdasmen-no-464dd5kr2018
 
Perdirjen          Nomor 07/D.   D5/      KK/      2018. ( 2018).  Struktur Kurikulum SMK:
http://psmk.kemdikbud.go.id/konten/3824/struktur-kurikulum-smk-perdirjen-dikdasmen- no-07dd5kk2018-tanggal-7-juni-2018
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2021-07-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/363
10.28926/riset_konseptual.v5i3.363
 
Source Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 5 No 3 (2021): Volume 5, Nomor 3, Juli 2021; 342-351
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 5 No 3 (2021): Volume 5, Nomor 3, Juli 2021; 342-351
2598-2877
2598-5175
 
Language eng
 
Relation https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/363/328
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0