Pengembangan Modul Pembelajaran Praktikum Akuntansi Lembaga/ Instansi Pemerintah
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pengembangan Modul Pembelajaran Praktikum Akuntansi Lembaga/ Instansi Pemerintah
— |
|
Creator |
Nurlaili, Fitri
Mulyati, Budi Saragih, Fetty Elisa |
|
Description |
Perubahan kurikulum 2013 menyebabkan muncul mata pelajaran baru yaitu Praktikum Akuntansi Lembaga/ Instansi Pemerintah sehingga bahan ajar untuk mata pelajaran ini masih terbatas oleh karena itu Penelitian ini bertujuan untuk menambah bahan ajar yang layak digunakan dengan cara mengembangkan modul pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and development adaptasi teori Borg and Gall, Prosedur yang digunakan adalah research and information collecting, planning, develop preliminary form of product, preliminary field testing, main product revision, main field testing, operational product revision. Penelitian dilakukan kepada 3 ahli 14 peserta didik kelas XI SMK PGRI 3 Kota Serang Tahun Ajaran 2019/2020. Hasil pengembangan modul pembelajaran berupa validasi ahli materi dengan rata-rata penilaian 3,55, ahli pendidikan sebesar 3,36 dan ahli desain 3,5 , hasil validasi seluruh ahli pada desain modul memiliki klasifikasi sangat tinggi. Pada uji coba terbatas peserta didik memberikan penilain sebesar 3,75 memiliki klasifikasi sangat tinggi, sehingga pengembangan modul sangat layak digunakan pada kegiatan pembelajaran Buku Daryanto. (2013). Menyusun Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media Mardapi, Djemari . (2008) . Teknik Penyusunan InstrumenTes dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press Sani, Ridwan Abdullah. (2016). Penilaian Autentik. Jakarta: Bumi Aksara Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta Online Aryani, Ima. (2017). Efektivitas Penggunaan Modul Pembelajaran Pada Mata Kuliah Ekologi Hewan Materi Populasi Hewan: Seminar Nasional Pendidikan Sains II UKSW 2017. Hal 41-47 https://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/11801/2/PROS_Ima%20Aryani_Efektifitas%20Penggunaan%20Modul_fulltext.pdf Jyestha, Vincentius. (2017).4 Faktor Penyebab Adanya Korupsi Dana Desa Versi ICW. Diakses dari https://www.tribunnews.com/nasional/2017/08/11/4-faktor-penyebab-adanya-korupsi-dana-desa-versi-icw Lasmiyati& Idris Harta. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP: Phytagoras Jurnal Matematika Pendidikan Matematika 9 ( 2 ) 161-174 https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/9077 Ramadhani, Wachidah Putri & I Ketut Mahardika. (2015). Kegrafikaan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Multirepresentasi: Seminar Nasional Fisika Dan Pembelajaraanya 2015 hal 85-91 ISBN 978-602-71279-1-9 http://fmipa.um.ac.id/wp-content/uploads/Prosiding2015/Media/Fisika2015_01-Media-Wachida-Putri.pdf Sadjati, Ida Malati. (2012) . Hakikat Bahan Ajar. Repository.ut.ac.id Sipayung, Tetty Natalia & Sinta Dameria Simanjuntak. (2017). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Dengan Menggunakan Modul. Aksioma 6 (3).393-398 https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/view/1154 Peraturan Pemerintah Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 238/PMK.05/2011. (2011). Peraturan Kementerian Keuangan (PMK) tentang Pedoman Umum Sistem Akuntansi Pemerintahan: https://jdih.kemenkeu.go.id/fullText/2011/238~PMK.05~2011Per.HTM Perdirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 464/D.D5/KR/2018.(2018). Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran SMK. https://smk.kemdikbud.go.id/konten/4097/kompetensi-inti-dan-kompetensi-dasar-mata-pelajaran-smk-perdirjen-dikdasmen-no-464dd5kr2018 Perdirjen Nomor 07/D. D5/ KK/ 2018. ( 2018). Struktur Kurikulum SMK: http://psmk.kemdikbud.go.id/konten/3824/struktur-kurikulum-smk-perdirjen-dikdasmen- no-07dd5kk2018-tanggal-7-juni-2018 |
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Date |
2021-07-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/363
10.28926/riset_konseptual.v5i3.363 |
|
Source |
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 5 No 3 (2021): Volume 5, Nomor 3, Juli 2021; 342-351
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 5 No 3 (2021): Volume 5, Nomor 3, Juli 2021; 342-351 2598-2877 2598-5175 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/363/328
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|