Record Details

Penggunaan Buku Panduan untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Fantasi Siswa Kelas VII D MTs Al-Ikhlas Bontang

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Penggunaan Buku Panduan untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Fantasi Siswa Kelas VII D MTs Al-Ikhlas Bontang

 
Creator Sappeami, Sappeami
 
Description Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu, (1) peningkatan keterampilan menulis teks fantasi, (2) efektivitas penggunaan buku panduan. Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan peserta didik dalam menulis teks cerita fantasi denggan menggunakan buku panduan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri atas dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D MTs Al Ikhlas Bontang berjumlah 20 siswa. Peneliti memperoleh data dari teknik tes dan nontes.  Teknik tes berupa tes keterampilan menulis teks cerita fantasi. Teknik nontes diperoleh dari observasi guru. Analisis data dilakukan dengan analisis kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis teks cerita fantasi dapat ditingkatkan dengan menggunakan  buku panduan. Secara proses keberhasilan proses pembelajaran ini ditunjukkan dengan peningkatan keterampilan menulis teks cerita fantasi yang terlihat perubahannya dari tahap siklus I ke tahap siklus II.
 Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan peningkatan nilai pada tiap aspek. Nilai rata-rata tes keterampilan menulis teks cerita pendek pada siklus  I di pertemuan I rata-rata kelas 69,75 mengalami peningkatan pada pertemuan kedua menjadi 73,9 atau kategori kurang. Rata-rata kelas pada siklus II pertemuan pertama 80,4 meningkat menjadi 85,8 di pertemuan kedua.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2022-01-29
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/460
10.28926/riset_konseptual.v6i1.460
 
Source Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 6 No 1 (2022): Volume 6, Nomor 1, Januari 2022; 92-97
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 6 No 1 (2022): Volume 6, Nomor 1, Januari 2022; 92-97
2598-2877
2598-5175
 
Language eng
 
Relation https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/460/386
 
Rights Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0