Record Details

Model Pendidikan Karakter Melalui Bakti Sosial keagamaan di Pondok Pesantren Al-Hikmah 2 Brebes

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Model Pendidikan Karakter Melalui Bakti Sosial keagamaan di Pondok Pesantren Al-Hikmah 2 Brebes

 
Creator fikri, muhammad muhanniul
 
Description Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan bakti sosial keagamaan di Pondok Pesantren Al-Hikmah 2 desa Benda kecamatan Sirampog kabupaten Brebes dalam membentuk karakter para santrinya. Bakti sosial keagamaan (BSK) adalah program tahunan dimana santri dilatih bersosial kemasyarakat dan menerapkan ilmu agama yang telah didapat dipesantren. Pelaksana BSK diserahkan kepada masing-masing organisasi  daerah (ORDA) dibawah pengawasan pengasuh pondok pesantren. Peserta BSK terdiri dari santri sekolah SLTP dan SLTA mereka wajib menempati rumah-rumah warga selama dua minggu mengikuti semua kagiatan tuan rumah (bertani, berdagang, produksi rumahan, dll) dan membantu di instansi pendidikan keagamaan serta mengikuti budaya ritual keagamaan di wilayah yang diselenggarakan BSK. Program bakti sosial keagamaan ini dapat dikatagorikan pendidikan karakter melalui habituasi dan pengondisian diri. Habituasi merupakan salah satu upaya membentuk karakter kepribadian santri lewat pengalaman bersosial bermasyarakat dan sosial keagamaan di daerahnya masing-masing. Program ini juga diharapkan mampu memberi gambaran kepada satri bagaimana bermasyarakat dan pentingnya karakter positif ditengah masyarakat.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2019-10-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/149
10.28926/riset_konseptual.v3i4.149
 
Source Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 3 No 4 (2019): Volume 3, Nomor 4, Oktober 2019; 246-252
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 3 No 4 (2019): Volume 3, Nomor 4, Oktober 2019; 246-252
2598-2877
2598-5175
 
Language eng
 
Relation https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/149/177
 
Rights Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0