Record Details

Model Pendidikan Moderasi Beragama Berbasis Kearifan Lokal di IAIN Pontianak

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Model Pendidikan Moderasi Beragama Berbasis Kearifan Lokal di IAIN Pontianak
B MODEL PENDIDIKAN MODERASI BERAGAMA BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI IAIN PONTIANAK
 
Creator ., Budiyono
 
Description Mengamati perkembangan sosial masyarakat, moderasi beragama menjadi salah satu pendekatan yang harus dikembangkan di Indonesia. Perguruan Tinggi khususnya IAIN Pontianak yang seharusnya menjadi model moderasi beragama masih menghadapi kendala, terbukti sebagian mahasiswa masih belum menunjukkan pemikiran dan sikap moderat. Menggunakan jenis penelitian fenomenologi dan menganalisis secara deskriptif, peneliti menemukan beberapa upaya yang dilakukan oleh IAIN Pontianak dalam mendorong moderasi beragama bagi mahasiswa  berbasis kearifan Masyarakat Kalimantan Barat melalui dua pendekatan. Pertama Kebijakan;  penetapan visi dan misi, penelitian dan pengabdian masyarakat, pengembangan kurikulum, pelaksanaan seminar atau forum ilmiah, Pembentukan program studi Agama-agama dan pembentukan Rumah Moderasi. Kedua metode perkuliahan yang salah satunya melalui mata kuliah Pengembangan Bahan Ajar PAI menerapkan metode pembelajaran antara lain; Problem Based Learning, Critical Insident, Workshop, Pengembangan Bahan Ajar.
Mengamati perkembangan sosial masyarakat, moderasi beragama menjadi salah satu pendekatan yang harus dikembangkan di Indonesia. Perguruan Tinggi khususnya IAIN Pontianak yang seharusnya menjadi model moderasi beragama masih menghadapi kendala, terbukti sebagian mahasiswa masih belum menunjukkan pemikiran dan sikap moderat. Menggunakan jenis penelitian fenomenologi dan menganalisis secara deskriptif, peneliti menemukan beberapa upaya yang dilakukan oleh IAIN Pontianak dalam mendorong moderasi beragama bagi mahasiswa  berbasis kearifan Masyarakat Kalimantan Barat melalui dua pendekatan. Pertama Kebijakan;  penetapan visi dan misi, penelitian dan pengabdian masyarakat, pengembangan kurikulum, pelaksanaan seminar atau forum ilmiah, Pembentukan program studi Agama-agama dan pembentukan Rumah Moderasi. Kedua metode perkuliahan yang salah satunya melalui mata kuliah Pengembangan Bahan Ajar PAI menerapkan metode pembelajaran antara lain; Problem Based Learning, Critical Insident, Workshop, Pengembangan Bahan Ajar.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2020-07-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/238
10.28926/riset_konseptual.v4i3.238
 
Source Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 4 No 3 (2020): Volume 4, Nomor 3, Juli 2020; 405-413
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 4 No 3 (2020): Volume 4, Nomor 3, Juli 2020; 405-413
2598-2877
2598-5175
 
Language eng
 
Relation https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/238/247
 
Rights Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0