Pengaruh Penggunaan Multimedia terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Blitar.
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pengaruh Penggunaan Multimedia terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Blitar.
— |
|
Creator |
Nuriyah, Siti
|
|
Description |
Penelitian ini dimaksudkan untuk membuktikan adanya pengaruh penggunaan multimedia terhadap minat belajar siswa antara kelompok yang menggunakan multimedia dengan kelompok tanpa menggunakan multimedia dan untuk membuktikan ada perbedaan hasil belajar siswa antara kelompok yang menggunakan multimedia dengan kelompok siswa tanpa menggunakan multimedia dalam pembelajaran. Hipotesis yang diuji dalam penelitian yaitu (1) ada perbedaan minat belajar siswa antara kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan multimedia dengan kelompok siswa yang belajar tanpa menggunakan multimedia; (2) ) ada perbedaan hasil belajar siswa antara kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan multimedia dengan kelompok siswa yang belajar tanpa menggunakan multimedia; Untuk menguji hipotesis, penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan eksperimen semu (Quasi eksperiment). Variabel penelitian, yaitu (1) variabel terikat adalah minat belajar (Y1) dan hasil belajar(Y2); (2) variabel bebas adalah multimedia. Validitas yang digunakan adalah validitas dan reliabilitas menggunakan Cronbach`s Alpha. Data hasil belajar siswa diukur dengan menggunakan tes hasil belajar, data minat belajar dengan angket minat belajar. Data hasil pengukuran tersebut selanjutnya dianalisis dengan menggunakan Anava dengan bantuan komputer program SPSS for windows versi 18. Skor tes hasil belajar IPS ditentukan berdasarkan perbedaan skor pascates dan skor prates atau gain skor (skor pascates dari masing-masing subjek dikurangi skor prates). Gain skor menggambarkan hasil belajar IPS dari semua subjek, baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Data minat belajar berupa angket minat belajar terdiri dari 34 pernyantaan dengan pilihan jawaban (1) sangat tidak setuju; (2) tidak setuju; (3) ragu ragu; (4) setuju; (5) sangat setuju. Berdasarkan hasil analisis data dengan analisa Anova menunjukkan bahwa penggunaan multimedia (x) berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar, dapat dilihat bahwa nilai signifikansi 0.000 yang kurang dari alpha (0,05) yang terdapat peningkatan minat belajar siswa yang signifikan baik pada kelas kontrol maupun kelas eksperimen. Dari hasil analisis Two Way ANOVA (uji Anava dua arah) dapat dilihat bahwa nilai signifikansi 0.000 yang kurang dari alpha (0.05) yang artinya terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan baik pada kelas kontrol maupun kelas eksperimen. Penggunaan multimedia (X) secara signifikan berpengaruh terhadap minat (Y1) dan hasil belajar (Y2). Penggunaan multimedia dalam pembelajaran sangat efektif dan berdaya guna, terutama bila disajikan dengan tepat akan memiliki dampak signifikan terhadap hasil belajar. Pembelajaran dengan menggunakan multimedia secara signifikan berpotensi membantu mengakses secara luas pengetahuan dan informasi dalam pembelajaran, mempertinggi pengalaman belajar, serta secara efektif akan meningkatkan minat dan hasil belajar dalam pelajaran IPS. Dengan demikian guru diharapkan mampu mengembangkan sifat kreatif dan inovatif dalam menyajiakan materi pelajaran IPS dengan menggunakan multimedia berbasis komputer agar dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dalam pelajaran tersebut.
|
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Date |
2021-01-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/msword
|
|
Identifier |
https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/324
10.28926/riset_konseptual.v5i1.324 |
|
Source |
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 5 No 1 (2021): Volume 5, Nomor 1, Januari 2021; 116-121
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 5 No 1 (2021): Volume 5, Nomor 1, Januari 2021; 116-121 2598-2877 2598-5175 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/324/294
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|