Record Details

Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Lingkungan Alam dan Buatan Melalui Metode Peta Konsep

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Lingkungan Alam dan Buatan Melalui Metode Peta Konsep

 
Creator Sukaji, Sukaji
 
Description Pembelajaran IPS di SD N 3 Jatiprahu dilaksanakan cenderung ke arah pembahasan teori yang bersifat khusus (tematik teoritik) dan berdasarkan materi yang ada di dalam buku (text book oriented) sehingga terkesan bahwa bidang ini terdiri dari materi hafalan saja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diterapkannya metode peta konsep pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, diperoleh nilai rata-rata pra tindakan sebesar 60.60  sedangkan pada siklus I sebesar 68.80. Nilai rata-rata tes pasca tindakan Siklus II sebesar 78.40. Sedangkan siswa yang sudah mencapai KKM juga semakin meningkat, pada tes pra tindakan siswa yang sudah mencapai KKM sebanyak 25%, selanjutnya pada tes pasca tindakan siklus I siswa yang sudah mencapai KKM meningkat menjadi 60%, dan terakhir pada tes pasca tindakan Siklus II meningkat menjadi 85%.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2021-01-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/323
10.28926/riset_konseptual.v5i1.323
 
Source Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 5 No 1 (2021): Volume 5, Nomor 1, Januari 2021; 107-115
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 5 No 1 (2021): Volume 5, Nomor 1, Januari 2021; 107-115
2598-2877
2598-5175
 
Language eng
 
Relation https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/323/292
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0