Menggunakan Mainan Balok Kayu untuk Meningkatkan Ketrampilan Berbicara dalam Pembelajaran Teks Prosedur
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Menggunakan Mainan Balok Kayu untuk Meningkatkan Ketrampilan Berbicara dalam Pembelajaran Teks Prosedur
— |
|
Creator |
Wijayati, Nur
|
|
Description |
Paradigma lama menganggap kemampuan produktif akan datang dengan sendirinya melalui penguasaan tata bahasa (grammar) dan kosa kata (vocabulary). Tetapi pada kenyataannya jauh lebih kompleks dan melibatkan serangkaian ketrampilan dan pengetahuan (Thornbury; 2005). Salah satu strategi yang diharapkan dapat meningkatkan ketrampilan produktif siswa adalah dengan menerapkan teknik Bermain Peran dengan teknik yang disebut Playing Building Blocks. Teknik ini diadaptasi dari Playing Tinkertoy (Brown:2007). Siswa membentuk kelompok 3 orang yang masing-masing berperan sebagai The Thinker, The Runner, dan The Builder. Kesuksesan penyampaian informasi antar masing-masing peran menentukan kemenangan grup. Suasana gembira, keterlibatan dalam permainan kelompok, dan akurasi pesan lebih penting daripada ketepatan grammar dan pronounciation. Siswa diamati menggunakan lembar pengamatan dan penilaian.
|
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Date |
2021-04-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/335
10.28926/riset_konseptual.v5i2.335 |
|
Source |
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 5 No 2 (2021): Volume 5, Nomor 2, April 2021; 197-203
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 5 No 2 (2021): Volume 5, Nomor 2, April 2021; 197-203 2598-2877 2598-5175 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/335/309
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|