Record Details

Menggunakan Mainan Balok Kayu untuk Meningkatkan Ketrampilan Berbicara dalam Pembelajaran Teks Prosedur

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Menggunakan Mainan Balok Kayu untuk Meningkatkan Ketrampilan Berbicara dalam Pembelajaran Teks Prosedur

 
Creator Wijayati, Nur
 
Description Paradigma lama menganggap kemampuan produktif akan datang dengan sendirinya melalui penguasaan tata bahasa (grammar) dan kosa kata (vocabulary). Tetapi pada kenyataannya jauh lebih kompleks dan melibatkan serangkaian ketrampilan dan pengetahuan (Thornbury; 2005). Salah satu strategi yang diharapkan dapat meningkatkan ketrampilan produktif siswa adalah dengan menerapkan teknik Bermain Peran dengan teknik yang disebut Playing Building Blocks. Teknik ini diadaptasi dari Playing Tinkertoy (Brown:2007). Siswa membentuk kelompok 3 orang yang masing-masing berperan sebagai The Thinker, The Runner, dan The Builder. Kesuksesan penyampaian informasi antar masing-masing peran menentukan kemenangan grup. Suasana gembira, keterlibatan dalam permainan kelompok, dan akurasi pesan lebih penting daripada ketepatan grammar dan pronounciation. Siswa diamati menggunakan lembar pengamatan dan penilaian.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2021-04-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/335
10.28926/riset_konseptual.v5i2.335
 
Source Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 5 No 2 (2021): Volume 5, Nomor 2, April 2021; 197-203
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 5 No 2 (2021): Volume 5, Nomor 2, April 2021; 197-203
2598-2877
2598-5175
 
Language eng
 
Relation https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/335/309
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0