Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Percaya Diri pada Model Project Based Learning dengan Asesmen Kinerja
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Percaya Diri pada Model Project Based Learning dengan Asesmen Kinerja
— |
|
Creator |
Prastowo, Aang Yudho
Waluya, St Budi |
|
Description |
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kualitas pembelajaran dengan model project based learning dengan asesmen kinerja serta mendeskripisikan kemampuan pemecahan masalah yang ditinjau dari percaya diri siswa kelas V. Jenis penelitian yang digunakan adalah mixed methods, desain concurrent embedded. Analisis Kualitas pembelajaran yaitu validasi perangkat, keterlaksanaan pembelajaran, respon siswa terhadap pembelajaran, uji ketuntasan belajar memakai uji proporsi, uji banding dengan uji beda rata-rata dan uji beda proporsi. Analisis data kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi data reduction, data display, dan conclution drawing/verification. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu model PjBL dengan asesmen kinerja berkualitas dibuktikan dengan validasi perangkat meliputi Silabus, RPP, LKS, TKPM, dan asesmen kinerja yang dinyatakan valid menurut para ahli dengan klasifikasi baik. TKPM telah memenuhi validitas isi, reliabilitas, taraf kesukaran, daya pembeda yang signifikan. Implementasi keterlaksanakan pembelajaran di dinyatakan baik. Respon positif siswa tergolong tinggi. Rata-rata ketuntasan kemampuan pemecahan masalah siswa telah mencapai ketuntasan klasikal 75%. Kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Proporsi kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Siswa dengan kepercayan diri tinggi mampu mencapai ke empat indikator pemecahan masalah dengan benar dan lengkap. Siswa dengan kepercayaan diri sedang mampu mencapai ketiga indikator pemecahan masalah, namun kurang dalam merefleksikan proses pemecahan masalah. Siswa dengan kepercayaan diri rendah hanya mampu mencapai dua indikator kemampuan pemecahan masalah yaitu memecahkan masalah dalam berbagai konteks yang berkaitan dengan matematika dan merefleksikan proses pemecahan masalah matematika
|
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Date |
2019-07-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/133
10.28926/riset_konseptual.v3i3.133 |
|
Source |
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 3 No 3 (2019): Volume 3, Nomor 3, Juli 2019; 209-217
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 3 No 3 (2019): Volume 3, Nomor 3, Juli 2019; 209-217 2598-2877 2598-5175 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/133/165
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|