Record Details

Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pembulatan Bilangan Melalui Metode Giving Question and Getting Answer

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pembulatan Bilangan Melalui Metode Giving Question and Getting Answer

 
Creator Suprapto, Suprapto
 
Description Pembelajaran matematika hendaknya dimulai dengan pengenalan masalah yang  sesuai  dengan  situasi  mengajar  dan  sekaligus  melibatkan  peran  aktif  siswa  dalam     proses    pembelajaran.    pembelajaran    harus     interaktif,     inspiratif, menyenangkan  dan  memotivasi  siswa untuk  berpartisipasi  serta  memberikan ruang yang cukup bagi kreatifitas dan kemandirian sesuai dengan bakat dan minat.  Berdasarkan  hasil  observasi  beberapa tahun terakhir ini menunjukkan bahwa  di  SD  Negeri  2  Surodakan  perolehan nilai matematika siswa kelas  IV   masih di bawah standar KKM. Adapun nilai KKM yang ditetapkan di SD ini adalah 70. Hal ini di sebabkan : banyak siswa   menganggap bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit dan menakutkan sehingga berakibat hasil belajar matematika siswa masih rendah. Salah  satu  cara  untuk  menarik  minat siswa  adalah  dengan  memilih  suatu  metode  yang digunakan harus efektif, efisien dan menyenangkan.   Metode yang dimaksud adalah pembelajaran aktif metode Giving Questions and Getting Answer yang merupakan salah satu metode meninjau ulang (reviewing strategies), yang secara bahasa berarti memberi pertanyaan dan menerima jawaban.  
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2021-01-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/317
10.28926/riset_konseptual.v5i1.317
 
Source Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 5 No 1 (2021): Volume 5, Nomor 1, Januari 2021; 68-76
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 5 No 1 (2021): Volume 5, Nomor 1, Januari 2021; 68-76
2598-2877
2598-5175
 
Language eng
 
Relation https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/317/287
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0