Record Details

Peningkatan Hasil Belajar PKN SD melalui Stategi Crossword Puzzle

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Peningkatan Hasil Belajar PKN SD melalui Stategi Crossword Puzzle

 
Creator Miswandi, Miswandi
 
Description Kegiatan belajar mengajar di kelas menggunaan model, strategi dan media pembelajaran yang kurang menarik, siswa kurang berpartisipasi aktif, pembelajaran berpusat pada guru sehingga minat belajar siswa menjadi rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran objektif tentang peningkatan hasil belajar pkn materi organisasi dengan strategi pembelajaran aktif tipe Crossword Puzzle pada siswa kelas V SDN 2 Terbis Kecamatan Panggul semester 2 tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini mengunakan penelitian tindakan kelas (PTK) atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Crossword Puzzle menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan dan siswa mudah memahami materi pembelajaran. Selain itu, dengan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Crossword Puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada materi kebebasan berorganisasi. Pencapaian hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 25,00% pada pra siklus, meningkat menjadi 50,00% pada siklus I sedangkan pada siklus II 83,00%.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2018-07-17
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/66
10.28926/riset_konseptual.v2i3.66
 
Source Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 2 No 3 (2018): Volume 2, Nomor 3, Juli 2018; 300-306
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 2 No 3 (2018): Volume 2, Nomor 3, Juli 2018; 300-306
2598-2877
2598-5175
 
Language eng
 
Relation https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/66/65
 
Rights Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0