Integrasi STEM dalam Proses Pembelajaran untuk Mengembangkan Soft Skill pada Siswa SDN Dandong 01 Srengat Blitar
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Integrasi STEM dalam Proses Pembelajaran untuk Mengembangkan Soft Skill pada Siswa SDN Dandong 01 Srengat Blitar
— |
|
Creator |
ANA WULANDANINGRUM, ENIS
|
|
Description |
Pembelajaran berkualitas ditandai dengan tingginya keaktifan siswa dan ketepatan guru memilih metode pembelajaran. Tuntutan Kurikulum 2013 adalah keseimbangan soft skill perlu ditanamkan sejak SD. Penerapan STEM dalam pembelajaran dioptimalkan untuk memacu guru berkreatif dan mendorong siswa berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa dan mendiskripsikan pengintegrasian STEM dalam pembelajaran dengan mengembangkan soft skill siswa Dandong Metode pemecahan masalah tiga tahap : persiapan, implementasi dan evaluasi. Persiapan (melakukan survei), pendahuluan (melihat kondisi di lapangan mengenai pengembangan profesional guru). Implementasi (pelatihan, metode ceramah dan presentasi, praktik pengajaran STEM). Evaluasi kegiatan dilakukan setiap tahap dengan mengumpulkan dan meringkas data setiap aktivitas. |
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Date |
2020-04-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/227
10.28926/riset_konseptual.v4i2.227 |
|
Source |
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 4 No 2 (2020): Volume 4, Nomor 2, April 2020; 321-331
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 4 No 2 (2020): Volume 4, Nomor 2, April 2020; 321-331 2598-2877 2598-5175 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/227/236
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|