Record Details

Model Pembelajaran Langsung : Solusi Masalah Keterbatasan Waktu Pada Pembelajaran IPS

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Model Pembelajaran Langsung : Solusi Masalah Keterbatasan Waktu Pada Pembelajaran IPS
Model Pembelajaran Langsung : Solusi Masalah Keterbatasan Waktu Pada Pembelajaran IPS
 
Creator Susanto, Eri
 
Description Abstrak: Riset ini dilaksanakan dimaksudkan supaya menyelesaikan kesulitan yang dihadapi oleh guru kelas dengan menggunakan model pembelajaran langsung, yaitu  ketika guru memiliki keterbatasan waktu tetapi materi yang diajarkan luas seperti pada mata pelajaran IPS materi kerajaan Hindu-Budha dan Islam. Model pembelajaran langsung ialah model pembelajaran yang berorientasi kepada teacher centre. Penelitian ini merupakan hasil dari kajian pustaka dengan cara riset kepustakaan. Hasil penelitian ini mengungkapkan langkah-langkah model pembelajaran langsung pada  mata pelajaran IPS yaitu; pertama, guru menyampaikan tujuan pembelajaran, estimasi waktu serta menyiapkan siswa ketika pembelajaran akan dimulai; kedua, guru menyampaikan informasi/materi pembelajaran IPS yaitu tentang kerajaan Hindu-Budha dan Islam , bisa menggunakan metode ceramah, demontrasi, atau kerja kelompok; ketiga, untuk mengetahui berkaitan dengan pemahaman siswa, guru melemparkan pertanyaan kepada siswa dengan harapan siswa sudah paham dengan materi.; dan keempat adalah pemberian tugas kepada siswa dengan tujuan siswa dapat menuangkan informasi yang di dapat selama pembelajaran.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2021-01-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/311
10.28926/riset_konseptual.v5i1.311
 
Source Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 5 No 1 (2021): Volume 5, Nomor 1, Januari 2021; 29-34
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 5 No 1 (2021): Volume 5, Nomor 1, Januari 2021; 29-34
2598-2877
2598-5175
 
Language eng
 
Relation https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/311/282
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0