Record Details

Problematik Pendidikan Bahasa Indonesia Kajian Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Sekolah Dasar

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Problematik Pendidikan Bahasa Indonesia Kajian Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Sekolah Dasar

 
Creator hadi, saptono
 
Description Belajar merupakan perubahan tingkah laku siswa secara tetap melalui pengalaman, pengamatan, dan bahasa, yang dilakukannya secara aktif yang berkaitan dengan pengetahuan, sikap dan keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrisikan permasalahan pendidikan bahasa Indonesia khususnya kajian bagaimana siswa belajar bahasa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data primer diperoleh melalui kajian wawancara terhadap guru dan wali murid. Observasi dilakukan untuk melihat permasalahan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa belajar bahasa di sekolah khususnya Sekolah Dasar, guru melakukan evaluasi dan pemahaman bahwa siswa sebelum masuk ke sekolah telah belajar bahasa (pemerolehan bahasa) melalaui lingkungan kehidupannya. Siswa akan lebih percaya diri dalam belajar bahasa jika siswa diberikan kesempatan untuk memperbaiki melalui hasil kerjanya sendiri. Pembelajaran bahasa memberikan kesempatan kepada siswa untuk memilih aktivitas berbahasa.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2019-01-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/108
10.28926/riset_konseptual.v3i1.108
 
Source Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 3 No 1 (2019): Volume 3, Nomor 1, Januari 2019; 74-78
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 3 No 1 (2019): Volume 3, Nomor 1, Januari 2019; 74-78
2598-2877
2598-5175
 
Language eng
 
Relation https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/108/150
 
Rights Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0