Penerapan Snowballing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IXF SMPN 9 Blitar pada Materi Pola Bilangan
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Penerapan Snowballing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IXF SMPN 9 Blitar pada Materi Pola Bilangan
— |
|
Creator |
Srisusilaningtyas, Dijah Rumanti
|
|
Description |
Kurikulum sebagai salah satu substansi pendidikan perlu didesentralisasikan terutama dalam pengembangan silabus dan pelaksanaannya yang disesuaikan dengan tuntutan kebutuhan siswa, keadaan sekolah, dan kondisi sekolah atau daerah. Dengan demikian sekolah atau daerah memiliki cukup kewenangan untuk merancang dan menentukan materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaian hasil pembelajaran. Sesuai dengan tujuan dari penelitian ini yaitu memperbaiki praktek pembelajaran dengan meningkatkan kualitas proses pembelajaran menuju lebih baik dengan metode snowballing. Rancangan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang telah lazim digunakan, penelitian dirancang dalam 2 siklus dengan tiap siklus terdiri dari 4 tahap. Siklus I meliputi Tahap Perencanaan dan Tahap Pelaksanaan. Pada siklus 2, prosesnya sama dengan siklus 1, hanya ada perbaikan-perbaikan dari siklus sebelumnya yaitu guru mengoptimalkan bimbingan diskusi kelompok dan guru lebih mengaktifkan siswa dalam pelaksanaan diskusi kelas. Subyek penelitian adalah siswa SMPN 9 Blitar kelas 9F Semester 2 Tahun 2015/2016. Jumlah siswa 33 terdiri dari laki-laki 19 siswa dan perempuan 14 siswa. Berdasarkan data nilai pada siklus I dan siklus II terlihat tingkat penghargaan kelompok pada siklus I kelompok atas mendapat 59,8 %, kriteria (Kurang) dan pada siklus II kelompok atas meningkat menjadi 80,2 % (Baik). Maka dapat dikatakan dengan metode pembelajaran Snowballing siswa sudah mengalami perubahan peningkatan hasil belajar dari tingkat D (Kurang) berubah meningkat pada tingkat B (Baik). Untuk itu perlu adanya upaya lagi yang lebih optimal untuk mencapai hasil pembelajaran tingkat A (Sangat Baik)..
|
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Date |
2018-10-29
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/74
10.28926/riset_konseptual.v2i4.74 |
|
Source |
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 2 No 4 (2018): Volume 2, Nomor 4, Oktober 2018; 326-331
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 2 No 4 (2018): Volume 2, Nomor 4, Oktober 2018; 326-331 2598-2877 2598-5175 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/74/69
|
|
Rights |
Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|