Record Details

Peningkatan Hasil Belajar IPS Subtema Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Melalui Model Savi Dengan Penguatan Karakter Cinta Tanah Air

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Peningkatan Hasil Belajar IPS Subtema Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Melalui Model Savi Dengan Penguatan Karakter Cinta Tanah Air

 
Creator Ulya, Izatil
 
Description Hasil observasi di SDN 1 Warujayeng Kabupaten Nganjuk menunjukkan hasil belajar siswa pada materi subtema peristiwa kebangsaan masa penjajahan masih rendah. Terdapat 23 dari 31 siswa dinyatakan belum tuntas, dan 8 tuntas. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model SAVI pada siswa kelas V SDN 1 Warujayeng dengan penguatan karakter cinta tanah air. Pendekatan yang digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan, dan setiap pertemuan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, catatan lapangan, angket, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan model SAVI diterapkan dengan baik sehingga model SAVI dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan penguatan karakter cinta tanah air.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2020-04-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/202
10.28926/riset_konseptual.v4i2.202
 
Source Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 4 No 2 (2020): Volume 4, Nomor 2, April 2020; 208-217
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 4 No 2 (2020): Volume 4, Nomor 2, April 2020; 208-217
2598-2877
2598-5175
 
Language eng
 
Relation https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/202/221
https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/202/222
 
Rights Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0