PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PKN MATERI KEBEBASAN BERORGANISASI DENGAN METODE CARD SORT PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KARANGSOKO KECAMATAN TRENGGALEK SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PKN MATERI KEBEBASAN BERORGANISASI DENGAN METODE CARD SORT PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KARANGSOKO KECAMATAN TRENGGALEK SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2018/2019
— |
|
Creator |
SURYANDARI, Dwi
|
|
Description |
Melalui pengamatan yang dilakukan di kelas V SDN 1 Karangsoko Kecamatan Trenggalek, ditemukan bahwa kemampuan siswa dalam menguasai mata pelajaran PKn tergolong rendah. Salah satu sebab yang diyakini sebagai penyebab rendahnya prestasibelajar siswa adalah karena metode pembelajaran yang digunakan cenderung monoton dan kurang variatif. Salah satu pemecahan masalah yang digunakan peneliti adalah dengan menggunakan metode card sort. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan prestasi belajar PKn materi kebebasan berorganisasi dengan metode card sort pada siswa kelas V SD Negeri 1 Karangsoko Kecamatan Trenggalek semester II tahun pelajaran 2018 / 2019? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran obyektif tentang peningkatan prestasi belajar PKn materi kebebasan berorganisasi dengan metode card sort pada siswa kelas V SD Negeri 1 Karangsoko Kecamatan Trenggalek semester II tahun pelajaran 2018 / 2019. Jenis penlitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Karangsoko pada semester 2 tahun pelajaranan 2018/2019 yang berjumlah 15 orang siswa. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes. Data tes dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Penerapan metode card sort dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hasil analisis terhadap peningkatan hasil dan ketuntasan belajar siswa menunjukkan pada pada pra siklus sebanyak 6 siswa (40,00%), siklus I sebanyak 9 siswa (60,00%) dan siklus II sebanyak 13 siswa (86,67%). Sedangkan pencapaian nilai rata-rata kelas pada pra siklus adalah 66,33, siklus I adalah 73,00, pada siklus II adalah 83,00Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode card sort dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada Kelas V SDN 1 Karangsoko Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek |
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Date |
2020-01-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/175
10.28926/riset_konseptual.v4i1.175 |
|
Source |
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 4 No 1 (2020): Volume 4, Nomor 1, January 2020; 29-36
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 4 No 1 (2020): Volume 4, Nomor 1, January 2020; 29-36 2598-2877 2598-5175 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/175/198
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|