Record Details

Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat melalui Model Pembelajaran Jigsaw

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat melalui Model Pembelajaran Jigsaw

 
Creator warsini, warsini
 
Description Berdasarkan pengamatan di kelas IV SDN 3 Karanganyar, pada pembelajaran materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, guru masih terlalu banyak menggunakan metode ceramah dan hanya meminta siswa mengerjakan soal di buku paket. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran objektif tentang peningkatan hasil belajar Matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui model pembelajaran Jigsaw pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Karanganyar Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek Semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes siswa berturut-turut pada pra siklus, siklus 1, dan siklus 2 yang meningkat, yaitu 63,5, 70,5, dan 77,25. Selain itu, ketuntasan belajar pada pra siklus, siklus I, dan siklus II juga meningkat yaitu 45% (tidak tuntas), 60% (tidak tuntas) dan 80% (tuntas). Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Karanganyar semester 2 tahun pelajaran 2015/2016.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2020-10-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/295
10.28926/riset_konseptual.v4i4.295
 
Source Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 4 No 4 (2020): Volume 4, Nomor 4, Oktober 2020; 554-565
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 4 No 4 (2020): Volume 4, Nomor 4, Oktober 2020; 554-565
2598-2877
2598-5175
 
Language eng
 
Relation https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/295/265
 
Rights Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0