Pengembangan Monopoli Karakter Berbasis Permainan Simulasi sebagai Upaya Peningkatan Kecerdasan Sosioemosi Siswa Sekolah Dasar di Kota Blitar
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pengembangan Monopoli Karakter Berbasis Permainan Simulasi sebagai Upaya Peningkatan Kecerdasan Sosioemosi Siswa Sekolah Dasar di Kota Blitar
— |
|
Creator |
Fatih, Mohamad
Alfi, Cindya |
|
Description |
Media pembelajaran monopoli karakter berbasis simulasi dikembangkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui kecerdasan sosioemosi siswa. Penelitian ini mengunakan model pengembangan Thiagarajan 4D, dengan meniadakan fase desiminasi. Pada fase validasi produk dilakukan 3 validator, yaitu ahli materi, media dan bahasa. Sementara keefektifan dan kepraktisan di respon oleh guru dan siswa pada fase uji coba lapangan. Instrument yang digunakan (1) Angket, (2) Lember Observasi (3) Panduan Wawancara (4) tes. Hasil penelitian menunjukan pada media monopoli karakter berbasis memenuhi kriteria “valid” dan efektif serta praktis.
|
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Date |
2021-01-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/315
10.28926/riset_konseptual.v5i1.315 |
|
Source |
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 5 No 1 (2021): Volume 5, Nomor 1, Januari 2021; 51-61
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 5 No 1 (2021): Volume 5, Nomor 1, Januari 2021; 51-61 2598-2877 2598-5175 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/315/285
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|