Record Details

Pengembangan E-book Bilingual untuk Meningkatkan Pengetahuan Kesehatan Pribadi Siswa Sekolah Dasar

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengembangan E-book Bilingual untuk Meningkatkan Pengetahuan Kesehatan Pribadi Siswa Sekolah Dasar

 
Creator Riyanningrum, Anggita Tyas
Sitompul, Nurmida Catherine
 
Description ABSTRAK
Pembelajaran kesehatan pribadi merupakan aspek penting pada anak usia awal.  Penyediaan bahan ajar perlu dikembangkan sesuai kebutuhan dan karakteristik siswa sehingga materi tersebut sapat mendorong siswa untuk melakukan tindakan-tindakan kesehatan pribadi.  Pengembangann e-book bilingual ini ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan kesehatan pribadi siswa Sekolah Dasar. E-book yang telah dikembangkan mendapatkan penilaian dari beberapa ahli yatiu ahli  isi materi, media pembelajaran dan desain pembelajaran.. Ketiga komponen yang diuji oleh para ahli tersebut disesuaikan dengan Standar Kompetensi Dasar yang berlaku untuk Sekolah Dasar Satuan Pendidikan Kerjasama  dalam hal ini Sekolah Dasar Surabaya Grammar School. Metode pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. E-book bilingual yang dikembangkan telah dinilai oleh 3 orang dosen ahli dan diujicobakan pada 70 siswa Sekolah Dasar Surabaya Grammar School. E-book telah dinyatakan apabila persentase penilaian kategori baik atau layak digunakan dan memperoleh respon positif siswa ? 61%. Berdasarkan penilaian yang telah dilakukan, E-book bilingual telah meningkatkan pengetahuan kesehatan pribadi siswa dan layak digunakan sebagai media penunjang sumber belajar utama pembelajaran siswa Sekolah Dasar. Persentase kelayakan e-book ini pada komponen materi yaitu 81,50% dengan kategori sangat layak. Persentase kelayakan e-book ini pada komponen media pembelajaran yang digunakan yaitu 85% dengan kategori sangat layak. Persentase kelayakan e-book ini pada komponen desain pembelajaran yaitu 96,25% dengan kategori sangat layak. Dari hasil uji respons siswa diperoleh persentase rata-rata sebesar 85,89%. Persentase respons siswa kriteria kejelasan format e-book sebesar 98,55% dengan kategori sangat layak. Persentase respons siswa kriteria kebahasaan e-book sebesar 97,82% dengan kategori sangat layak. Persentase respons siswa kriteria penyajian format e-book sebesar 97,46% dengan kategori sangat layak. Persentase respons siswa kriteria ilustrasi e-book sebesar 89,85% dengan kategori sangat layak. Pada penelitian selanjutnya diharapkan e-book dapat di operasikan di android dan digunakan secara merata dan maksimal oleh para guru, apalagi calon guru telah berbekal ilmu teknologi yang lebih baik.
Kata Kunci: e-Book, bilingual, kesehatan pribadi, pelajaran sains, ADDIE
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2020-07-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/246
10.28926/riset_konseptual.v4i3.246
 
Source Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 4 No 3 (2020): Volume 4, Nomor 3, Juli 2020; 425-430
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 4 No 3 (2020): Volume 4, Nomor 3, Juli 2020; 425-430
2598-2877
2598-5175
 
Language eng
 
Relation https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/246/249
 
Rights Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0