Record Details

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran STAD Berbantuan Media Gambar Diam dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran STAD Berbantuan Media Gambar Diam dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah

 
Creator Kamza, Muhjam
Haikal, Muhammad
Kusnafizal, Teuku
Furqan, M. Hafizul
Julia, Julia
 
Description Pendidikan merupakan faktor penting dalam pembangunan suatu bangsa. Pendidikan juga dapat menentukan maju mundurnya pelaksanaan pembangunan suatu bangsa dalam segala bidang.  Untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional, maka pemerintah mendirikan lembaga-lembaga pendidikan mulai dari jenjang pendidikan dasar sampai dengan pendidikan tinggi, yang maksudnya agar seluruh bangsa Indonesia dapat mengecap pendidikan. Perkembangan ilmu pengetahuan menuntut kemampuan guru untuk menciptakan kegiatan  belajar mengajar yang dapat dan mampu mengembangkan hasil yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pemebalajaran STAD dangan berbantuan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain quasi experimental design bentuk nonequivalent control group design. Analisis data dalam penelitian ini  menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, dan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran STAD yang di kombinasikan dengan media gambar diam lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran STAD tanpa kombinasi
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2021-07-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/361
10.28926/riset_konseptual.v5i3.361
 
Source Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 5 No 3 (2021): Volume 5, Nomor 3, Juli 2021; 337-341
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 5 No 3 (2021): Volume 5, Nomor 3, Juli 2021; 337-341
2598-2877
2598-5175
 
Language eng
 
Relation https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/361/327
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0