Record Details

Pengembangan kepercayaan diri mahasiswa dalam berbahasa Inggris melalui teknik writing sebagai pendukung capaian pembelajaran

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengembangan kepercayaan diri mahasiswa dalam berbahasa Inggris melalui teknik writing sebagai pendukung capaian pembelajaran

 
Creator luciana, occe
 
Description Krisis kepercayaan diri adalah salah satu persoalan mahasiswa dalam berbahasa. Saat karantina covid-19 ini, dimana perkuliahan dilakukan secara daring,  mata kuliah bahasa Inggrispun dilaksanakan  online. Seperti kebetulan ketika perkuliahan tatap muka dianggap sulit karena harus berkomunikasi verbal in English,  mahasiswa serta merta  harus belajar online di google classroom. Studi ini bertujuan  untuk melihat apakah terdapat peningkatan kepercayaan diri  mahasiswa dalam berbahasa Inggris ketika perkuliahan dilakukan online dalam bentuk chat/writing .  Dan untuk menganalisa apakah perkuliahan tersebut memenuhi capaian pembelajaran ataukah tidak.  Kualitatif adalah metode yang penulis gunakan yaitu mendeskripsikan analisa dari kuesioner yang disebar online menggunakan google form. Meski jawaban hasil kuesioner menunjukkan  38,2% saja menyatakan perkuliahan online lebih mudah dibanding offline, namun penulis melihat hampir semua mahasiswa mampu mencurahkan pemikirannya dalam forum chat yang menyebabkan peningkatan kepercayaan diri mereka. Ini dibuktikan sebanyak 61,8% mahasiswa memiliki peningkatan kepercayaan diri berbahasa Inggris ketika belajar, berdiskusi, bertanya materi perkuliahan melalui chat di forum google classroom.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2020-07-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/268
10.28926/riset_konseptual.v4i3.268
 
Source Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 4 No 3 (2020): Volume 4, Nomor 3, Juli 2020; 500-505
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 4 No 3 (2020): Volume 4, Nomor 3, Juli 2020; 500-505
2598-2877
2598-5175
 
Language eng
 
Relation https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/268/258
 
Rights Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0