Record Details

Peningkatan Kompetensi Profesional Guru SMPN Satap Wlingi dalam Menyusun RPP Melalui Kegiatan Pelatihan

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Peningkatan Kompetensi Profesional Guru SMPN Satap Wlingi dalam Menyusun RPP Melalui Kegiatan Pelatihan

 
Creator Bukhori, Bukhori
 
Description Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini bertujuan untuk mengetahui apakah kompetensi  guru  pada SMPN Satap Wlingi dapat  ditingkatkan melalui kegiatan Pelatihan. Penelitian ini menggunakan model yang dikembangkan oleh Kemis dan Taggart.  Setiap tindakan  atau siklus selalu terdiri dari empat kegiatan: 1) rencana tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi atau Penelitian, dan 4) refleksi. Dari kegiatan penelitian ini dikatehui  bahwa terjadi peningkatan kompetensi profesional guru SMPN Satap Wlingi  dalam menyusun RPP melalui kegiatan pelatihan. Pada siklus I rata-rata skor yang diperoleh 57,5% dengan sebutan cukup. Setelah diadakan kegiatan dengan pendekatan pelatihan pada siklus II ternyata rata-rata skor yang diperoleh oleh subjek penelitian naik 24 skor, sehingga rata-rata skor yang diperoleh 91,0%. Dari sebutan  cukup   menjadi   sangat   baik.   Kesimpulan   penelitian   ini   adalah penggunaan kegiatan pelatihan dapat peningkatkan kompetensi guru SMPN Satap Wlingi  dalam menyusun  RPP.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2018-10-29
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/83
10.28926/riset_konseptual.v2i4.83
 
Source Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 2 No 4 (2018): Volume 2, Nomor 4, Oktober 2018; 424-430
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 2 No 4 (2018): Volume 2, Nomor 4, Oktober 2018; 424-430
2598-2877
2598-5175
 
Language eng
 
Relation https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/83/82
 
Rights Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0