Record Details

Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Sejarah dengan Metode Cerita Bergambar pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Blitar

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Sejarah dengan Metode Cerita Bergambar pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Blitar

 
Creator Andayani, Khotijah
 
Description Pada mata pelajaran Sejarah khususnya di SMA dimana motivasi belajar sejarah masih tergolong rendah yang berakibat pada rendahnya prestasi belajar siswa. Sebagai guru sejarah, peneliti mencoba mempraktekkan metode Cerita Bergambar dengan jalan memberikan tugas kepada siswa untuk menuangkan tema dalam bentuk Cerita Bergambar dan mempresentasikannya di depan kelas. Penggunaan metode ini ternyata dapat menghasilkan hal-hal positif bagi siswa antara lain : daya pikir dan kreativitas siswa bertambah; motivasi siswa dalam belajar meningkat terbukti dalam melihat dan menanggapi cerita bergambar yang dipresentasikan banyak yang aktif; prestasi belajar bertambah bagus dari hasil ulangan harian;dan tidak lagi dijumpai anak yang malas atau tidur ketika pembelajaran berlangsung.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2018-04-04
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/47
10.28926/riset_konseptual.v2i2.47
 
Source Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 2 No 2 (2018): Volume 2, Nomor 2, April 2018; 184-188
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 2 No 2 (2018): Volume 2, Nomor 2, April 2018; 184-188
2598-2877
2598-5175
 
Language eng
 
Relation https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/47/49
 
Rights Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0