Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Sejarah dengan Metode Cerita Bergambar pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Blitar
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Sejarah dengan Metode Cerita Bergambar pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Blitar
— |
|
Creator |
Andayani, Khotijah
|
|
Description |
Pada mata pelajaran Sejarah khususnya di SMA dimana motivasi belajar sejarah masih tergolong rendah yang berakibat pada rendahnya prestasi belajar siswa. Sebagai guru sejarah, peneliti mencoba mempraktekkan metode Cerita Bergambar dengan jalan memberikan tugas kepada siswa untuk menuangkan tema dalam bentuk Cerita Bergambar dan mempresentasikannya di depan kelas. Penggunaan metode ini ternyata dapat menghasilkan hal-hal positif bagi siswa antara lain : daya pikir dan kreativitas siswa bertambah; motivasi siswa dalam belajar meningkat terbukti dalam melihat dan menanggapi cerita bergambar yang dipresentasikan banyak yang aktif; prestasi belajar bertambah bagus dari hasil ulangan harian;dan tidak lagi dijumpai anak yang malas atau tidur ketika pembelajaran berlangsung.
|
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Date |
2018-04-04
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/47
10.28926/riset_konseptual.v2i2.47 |
|
Source |
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 2 No 2 (2018): Volume 2, Nomor 2, April 2018; 184-188
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 2 No 2 (2018): Volume 2, Nomor 2, April 2018; 184-188 2598-2877 2598-5175 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/47/49
|
|
Rights |
Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|