Record Details

Meningkatkan Hasil Belajar IPS dengan Model Pembelajaran Snowball Throwing pada Kelas XII APh 4 SMKN 3 Blitar

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Meningkatkan Hasil Belajar IPS dengan Model Pembelajaran Snowball Throwing pada Kelas XII APh 4 SMKN 3 Blitar

 
Creator Prastowo, Hari
 
Description Rendahnya hasil belajar yang dicapai siswa disebabkan antara lain karena aktivitas belajar siswa masih sangat kurang, sehingga prestasi belajar yang dicapai rendah. Selain itu, penggunaan metode pembelajaran sedikit banyak masih menggunakan metode konvensional (teacher centered) yang menjadikan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan penerapan pembelajaran IPS melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing di kelas XII Aph 4 SMK Negeri 3 Blitar dan mengetahui peningkatan hasil belajar IPS di kelas XII Aph 4 SMK Negeri 3 Blitar. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus dilakukan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Setiap siklus 2 pertemuan. Instrumen yang digunakan adalah RPP, tes dan observasi. Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II, yaitu siklus 1 jumlah nilai rata-rata kelasĀ  74,5 dan siswa yang memenuhi KKM sebanyak 20 siswa atau 71%. Pada siklus 2 jumlah nilai rata-rata kelasĀ  78 dan siswa yang memenuhi KKM sebanyak 25 siswa atau 91%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah : 1). Penerapan model pembelajaran snowball throwing berjalan lancar, dan 2). Hasil belajar IPS mengalami peningkatan yang signifikan.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2021-01-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/276
10.28926/riset_konseptual.v5i1.276
 
Source Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 5 No 1 (2021): Volume 5, Nomor 1, Januari 2021; 9-16
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 5 No 1 (2021): Volume 5, Nomor 1, Januari 2021; 9-16
2598-2877
2598-5175
 
Language eng
 
Relation https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/276/280
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0