Record Details

Peningkatan Hasil Belajar Tematik Tema Selalu Berhemat Energi dengan Media Video pada Siswa Kelas IV SDN 1 Sukosari

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Peningkatan Hasil Belajar Tematik Tema Selalu Berhemat Energi dengan Media Video pada Siswa Kelas IV SDN 1 Sukosari

 
Creator purwati, endang
 
Description Metode penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengadaptasi model Kemmis & Mc. Taggart dan terdiri dari dua siklus tindakan. Topik bahasan disesuaikan dengan materi pelajaran tematik Selalu Berhemat Energi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah tindakan pembelajaran dengan media vidio di mana nilai rata-rata kelas terus mengalami peningkatan dari 58,52 pada kondisi awal menjadi 68,52 pada siklus pertama, dan pada akhir siklus kedua menjadi 75,56 dengan tingkat ketuntasan belajar yang juga meningkat pada setiap siklusnya, yaitu 7 orang siswa (25,93%) pada kondisi awal, menjadi 59,26% atau 16 siswa, dan pada siklus terakhir menjadi 92,59% atau 25 siswa dari 27 siswa, Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa media gambar terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Sukosari Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2021-04-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/339
10.28926/riset_konseptual.v5i2.339
 
Source Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 5 No 2 (2021): Volume 5, Nomor 2, April 2021; 294-302
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 5 No 2 (2021): Volume 5, Nomor 2, April 2021; 294-302
2598-2877
2598-5175
 
Language eng
 
Relation https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/339/322
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0