Record Details

Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Metode Bernyanyi di Madrasah Ibtidaiyah

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Metode Bernyanyi di Madrasah Ibtidaiyah

 
Creator Yusmanto, Yusmanto
 
Description Hasil belajar Matematika pada siswa kelas III MI Muhammadiyah Salamrejo Kecamatan Karangan tahun pelajaran 2016/2017 pada materi bangun datar masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan pembelajaran yang berpusat pada guru. Tujuan penelitian memperoleh gambaran obyektif peningkatan hasil belajar matematika materi bangun datar dengan metode bernyanyi pada siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Salamrejo Trenggalek pada semester II tahun pelajaran 2016/2017, metode penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VI MI Muhammadiyah Salamrejo tahun pelajaran 2016/2017 dari bulan Januari sampai dengan Maret 2017. Jumlah siswa yang diamati dalam penelitian ini berjumlah 25 siswa. Hasil nilai siklus I siswa yang mencapai ketuntasan 13 dengan persentase 52,00%, sedangkan siswa yang nilainya belum mencapai ketuntasan sebanyak 12 siswa dengan persentase 42,00 %. Pada siklus II dilihat dari rata-rata tes siswa adalah siswa yang mencapai ketuntasan 23 siswa dengan persentase 92,00%, sedangkan siswa yang hasil belajarnya belumĀ  tuntas sebanyak 2 orang dengan persentase 8,00%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan metode bernyanyi dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Salamrejo Trenggalek.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2018-07-17
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/68
10.28926/riset_konseptual.v2i3.68
 
Source Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 2 No 3 (2018): Volume 2, Nomor 3, Juli 2018; 313-319
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 2 No 3 (2018): Volume 2, Nomor 3, Juli 2018; 313-319
2598-2877
2598-5175
 
Language eng
 
Relation https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/68/67
 
Rights Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0