Penerapan Supervisi Akademik dengan Teknik Pendekatan Lesson Study dapat Meningkatkan Profesionalisme Guru Ekonomi
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Penerapan Supervisi Akademik dengan Teknik Pendekatan Lesson Study dapat Meningkatkan Profesionalisme Guru Ekonomi
— |
|
Creator |
Asrifan, Andi
Gunawan, Gunawan |
|
Description |
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam mengajar di kelas melalui penerapan supervisi akademik dengan teknik pendekatan lesson study. Prosedur penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini berupa tindakan yang terbagi dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat kegiatan pokok, yaitu perencanaan, pelaksanaan, refleksi dan evaluasi. Tindakan yang dilakukan berupa simulasi mengajar/ tutor sebaya dengan menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) dengan pendekatan Lesson Study. Hasil penelitian tindakan sekolah ini pada siklus I dan siklus II adalah : (a), rata-rata hasil simulasi mengajar skor 74,83 (siklus I) dan 93,17 (siklus II), (b), Sikap guru terhadap simulasi PBM skor 73 (siklus I) dan 88 (siklus II), (c), Pembuatan RPP skor 73,83 (siklus I) dan 95,50 ( siklus II) (d). Pelaksanaan PBM di kelas skor 79 (siklus I) dan 95,83 (siklus II).Simpulan penelitian ini adalah pengawasan akademik dengan cara supervisi akademik dengan pendekatan lesson study lebih menumbuhkan profesionalisme guru dalam mengajar di kelas. Peneliti merekomendasikan agar kegiatan penelitian tindakan sekolah ini terus dilakukan untuk memperbaiki mutu profesionalisme guru dan sekolah, dengan terjalin komunikasi yang harmonis setiap elemen pendidikan akan dapat menyelesaikan permasalahan secara tuntas
|
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Date |
2020-04-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/198
10.28926/riset_konseptual.v4i2.198 |
|
Source |
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 4 No 2 (2020): Volume 4, Nomor 2, April 2020; 193-200
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 4 No 2 (2020): Volume 4, Nomor 2, April 2020; 193-200 2598-2877 2598-5175 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/198/219
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|