PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS KENAMPAKAN ALAM DAN KEADAAN SOSIAL NEGARA TETANGGA MELALUI SNOWBALL THROWING
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS KENAMPAKAN ALAM DAN KEADAAN SOSIAL NEGARA TETANGGA MELALUI SNOWBALL THROWING
— |
|
Creator |
Sohifah, Sohifah
|
|
Description |
Pembelajaran di kelas pada umumnya masih diwarnai dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori Siswa sebagai subjek yang belajar dan guru merupakan satu-satunya sumber belajar bagi siswa. Guru menerangkan materi pembelajaran dengan ceramah, siswa mendengarkan kemudian siswa diberi tugas untuk mencatat hal-hal penting dari pokok bahasan. Permasalahan penelitian ini Bagaimanakah Peningkatan Hasil Belajar IPS materi kenampakan alam dan keadaan sosial negara tetangga melalui pembelajaran Snowball Throwing pada siswa kelas VI semester I tahun pelajaran 2016-2017 di SDN 1 Kamulan? Tujuanini melaksanakan pem-belajaran model Sowball Throuwing meningkatkan hasil belajar IPS materi kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga Indonesia. Dari hasil analis didapatkan bahwa pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa Kelas VI di SD Negeri 1 Kamulan. Hal ini dapat dilihat Nilai rata-rata siklus I 69,44 dan siklus II 77,22 Ketuntasan belajar siklus I i 73% dan siklus II 89% Pembelajaran di kelas pada umumnya masih diwarnai dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori Siswa sebagai subjek yang belajar dan guru merupakan satu-satunya sumber belajar bagi siswa. Guru menerangkan materi pembelajaran dengan ceramah, siswa mendengarkan kemudian siswa diberi tugas untuk mencatat hal-hal penting dari pokok bahasan. Permasalahan penelitian ini Bagaimanakah Peningkatan Hasil Belajar IPS materi kenampakan alam dan keadaan sosial negara tetangga melalui pembelajaran Snowball Throwing pada siswa kelas VI semester I tahun pelajaran 2016-2017 di SDN 1 Kamulan? Tujuanini melaksanakan pem-belajaran model Sowball Throuwing meningkatkan hasil belajar IPS materi kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga Indonesia. Dari hasil analis didapatkan bahwa pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa Kelas VI di SD Negeri 1 Kamulan. Hal ini dapat dilihat Nilai rata-rata siklus I 69,44 dan siklus II 77,22 Ketuntasan belajar siklus I i 73% dan siklus II 89% |
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Date |
2020-01-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/173
10.28926/riset_konseptual.v4i1.173 |
|
Source |
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 4 No 1 (2020): Volume 4, Nomor 1, January 2020; 16-21
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 4 No 1 (2020): Volume 4, Nomor 1, January 2020; 16-21 2598-2877 2598-5175 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/173/195
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|