Record Details

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS KENAMPAKAN ALAM DAN KEADAAN SOSIAL NEGARA TETANGGA MELALUI SNOWBALL THROWING

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS KENAMPAKAN ALAM DAN KEADAAN SOSIAL NEGARA TETANGGA MELALUI SNOWBALL THROWING

 
Creator Sohifah, Sohifah
 
Description Pembelajaran di kelas pada umumnya masih diwarnai dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori Siswa sebagai subjek yang belajar dan guru merupakan satu-satunya sumber belajar bagi siswa. Guru menerangkan materi pembelajaran dengan ceramah, siswa mendengarkan kemudian siswa diberi tugas untuk mencatat hal-hal penting dari pokok bahasan. Permasalahan penelitian ini  Bagaimanakah Peningkatan Hasil Belajar IPS materi kenampakan alam dan keadaan sosial negara tetangga melalui pembelajaran Snowball Throwing pada siswa kelas VI semester I tahun pelajaran 2016-2017 di SDN 1 Kamulan? Tujuanini melaksanakan pem-belajaran model Sowball Throuwing   meningkatkan hasil belajar IPS materi kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga Indonesia. Dari hasil analis didapatkan bahwa pembelajaran  Snowball Throwing  dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa Kelas VI di SD Negeri 1 Kamulan. Hal ini dapat dilihat   Nilai rata-rata  siklus I 69,44 dan siklus II   77,22 Ketuntasan belajar   siklus I  i 73% dan   siklus II   89%
Pembelajaran di kelas pada umumnya masih diwarnai dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori Siswa sebagai subjek yang belajar dan guru merupakan satu-satunya sumber belajar bagi siswa. Guru menerangkan materi pembelajaran dengan ceramah, siswa mendengarkan kemudian siswa diberi tugas untuk mencatat hal-hal penting dari pokok bahasan. Permasalahan penelitian ini  Bagaimanakah Peningkatan Hasil Belajar IPS materi kenampakan alam dan keadaan sosial negara tetangga melalui pembelajaran Snowball Throwing pada siswa kelas VI semester I tahun pelajaran 2016-2017 di SDN 1 Kamulan? Tujuanini melaksanakan pem-belajaran model Sowball Throuwing   meningkatkan hasil belajar IPS materi kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga Indonesia. Dari hasil analis didapatkan bahwa pembelajaran  Snowball Throwing  dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa Kelas VI di SD Negeri 1 Kamulan. Hal ini dapat dilihat   Nilai rata-rata  siklus I 69,44 dan siklus II   77,22 Ketuntasan belajar   siklus I  i 73% dan   siklus II   89%
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2020-01-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/173
10.28926/riset_konseptual.v4i1.173
 
Source Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 4 No 1 (2020): Volume 4, Nomor 1, January 2020; 16-21
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 4 No 1 (2020): Volume 4, Nomor 1, January 2020; 16-21
2598-2877
2598-5175
 
Language eng
 
Relation https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/173/195
 
Rights Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0