Record Details

Strategi Kiai dalam Pemberdayaan Santri di Pondok Pesantren Apis Sanan Gondang Blitar

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Strategi Kiai dalam Pemberdayaan Santri di Pondok Pesantren Apis Sanan Gondang Blitar

 
Creator ansori, subhan
 
Description Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam tidak hanya dituntut menyiapkan santri ahli agama dan berdakwah melainkan juga sebagai benteng pertahanan umat dan pengembangan masyarakat di berbagai sektor kehidupan. Karena itu pesantren perlu mengembangkan diri menjadi pusat kelembagaan ekonomi bagi warganya di dalam dan luar pesantren unktuk memaksimalkan potensi social ekonomi berbasis rakyat, sebagaimana kekuatan yang dimilikinya. Kiai sebagai pemimpin puncak pesantren harus mampu melakukan analisis sumberdaya santri agar bisa menjadi SDM yang berkualitas. Untuk mencapai tujuan tersebut, strategi kiai dalam pemberdayaan santri di Pondok Pesantren Apis Sanan Gondang Blitar adalah; a) Menetapkan misi memberikan bekal keterampilan hidup (life skill) kepada santri dalam bentuk koperasi dan program ketrampilan; b) musyawarah dalam segala bentuk program pemberdayaan santri; c) pembudayaan klarifikasi dalam penyelesaian permasalahan atau konflik organisasi, baik pada level atas (keputusan pimpinan) ataupun bawahan; d) keteladanan.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2019-04-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/118
10.28926/riset_konseptual.v3i2.118
 
Source Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 3 No 2 (2019): Volume 3, Nomor 2, April 2019; 128-136
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 3 No 2 (2019): Volume 3, Nomor 2, April 2019; 128-136
2598-2877
2598-5175
 
Language eng
 
Relation https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/118/157
 
Rights Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0