Supervisi Akademik Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Guru Di Sekolah Dasar
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Supervisi Akademik Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Guru Di Sekolah Dasar
— |
|
Creator |
Ibrahim, Ibrahim
|
|
Description |
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas guru di SDN 47/V Sungai Gebar melalui kegiatan supervisi akademik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang dilakukan oleh kepala sekolah ke seluruh guru kelas yang berjumlah 6 orang. Pelaksanaan supervisi akademik dilakukan dalam dua siklus. Data diperoleh dari hasil observasi pada aspek kedisiplinan dan kualitas pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor kedisiplinan meningkat dari 71,88 menjadi 87,50 dan skor kualitas pembelajaran yang dirancang dan dilaksanakan oleh guru juga meningkat yakni sebesar 74,17 pada sikus 1 menjadi 90,83 pada siklus 2. Di sisi lain, dalam pelaksanaan supervisi terdapat beberapa hambatan yakni agenda eksternal mendadak yang harus dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan supervisi, dan guru cenderung canggung ketika supervisi dilaksanakan. Pentingnya kegiatan supervusi akademik ini harus dilakukan secara kontinu. Hal tersebut bertujuan agar kualitas pendidikan selalu termonitor dan terjaga.
|
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Date |
2019-07-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/130
10.28926/riset_konseptual.v3i3.130 |
|
Source |
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 3 No 3 (2019): Volume 3, Nomor 3, Juli 2019; 157-162
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 3 No 3 (2019): Volume 3, Nomor 3, Juli 2019; 157-162 2598-2877 2598-5175 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/130/161
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|