Record Details

Peningkatan Mutu Guru dalam Proses Pembelajaran melalui Implementasi Supervisi Klinis Kepala Sekola di SDN Dandong 01

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Peningkatan Mutu Guru dalam Proses Pembelajaran melalui Implementasi Supervisi Klinis Kepala Sekola di SDN Dandong 01

 
Creator Ana Wulandaningrum, Enis
 
Description Hasil penelitian telah ditemukan permasalahan bahwa kualitas pendidikan masih jauh dari apa yang diharapkan. Berdasarkan hal tersebut, peneliti sekaligus kepala sekolah melakukan pembinaan kepada guru melalui supervisi klinis. Tindakan ini merupakan upaya untuk meningkatkan mutu guru dalam proses pembelajaran melalui implementasi supervisi klinis kepala sekolah. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan dua siklus. Hasil penelitian diperoleh persentase ketuntasan mutu guru dalam rencana pelaksanaan pembelajaran yang dicapai pada siklus I sebesar 69% dan pada siklus II sebesar 94%, hasil persentase ketuntasan mutu guru dalam pelaksanaan pembelajaran yang dicapai pada siklus I sebesar 57% dan pada siklus II sebesar 82%, hasil persentase ketuntasan mutu guru dalam kompetensi kepribadian dan sosial guru yang dicapai pada siklus I sebesar 82% dan pada siklus II sebesar 94%, dan hasil persentase ketuntasan yang dihitung melalui tes formatif saat pratindakan sebesar 38%, siklus I sebesar 62% dan siklus II sebesar 88%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi  supervisi klinis dapat meningkatkan mutu guru dalam proses pembelajaran di SDN Dandong 01tahun pelajaran 2018/2019 Kabupaten Blitar
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2021-04-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/352
10.28926/riset_konseptual.v5i2.352
 
Source Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 5 No 2 (2021): Volume 5, Nomor 2, April 2021; 249-254
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 5 No 2 (2021): Volume 5, Nomor 2, April 2021; 249-254
2598-2877
2598-5175
 
Language eng
 
Relation https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/352/316
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0