Record Details

Analisis Higher Order Thingking Skills pada Soal Penilaian Tengah Semester Tematik di MI Kabupaten Sleman

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Analisis Higher Order Thingking Skills pada Soal Penilaian Tengah Semester Tematik di MI Kabupaten Sleman

 
Creator setiawati, yuli
Fatonah, Siti
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komposisi soal berdasarkan level kognitif sesuai Taksonomi Bloom, karaketeristik pada setiap butir soal, dan jumlah persentase soal yang memiliki karakteristik HOTS pada soal tematik kelas IV di MI Kabupaten Sleman. Soal tematik tersebut memuat 5 mata pelajaran yaitu, PKn, Bahasa Indonesia, IPA, IPS dan SBdP. Jenis penelitian ini adalah kombinasi yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, komposisi soal berdasarkan level kognitif dominan memiliki kategori C1 dan C2. Sedikit soal yang memiliki kategori C3, C4, C5 dan C6. Soal-soal tersebut sudah memiliki karakteristik HOTS walaupun hanya memiliki 1 karakteristik saja, ada juga butir soal yang memiliki 3 karakteristik dan tidak ada soal yang sempurna memiliki seluruh karakteristik HOTS. Jumlah persentase yang paling banyak yaitu ada pada karakteristik kemampuan berargumen mencapai 85%.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2020-07-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/245
10.28926/riset_konseptual.v4i3.245
 
Source Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 4 No 3 (2020): Volume 4, Nomor 3, Juli 2020; 414-424
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 4 No 3 (2020): Volume 4, Nomor 3, Juli 2020; 414-424
2598-2877
2598-5175
 
Language eng
 
Relation https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/245/248
 
Rights Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0