Record Details

Peningkatan Kemampuan Membilang dengan Menggunakan Kartu Gambar pada Siswa Kelompok B Semester II Th. Pelajaran 2017/ 2018 di TK Al-Jihad Ngulankulon Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Peningkatan Kemampuan Membilang dengan Menggunakan Kartu Gambar pada Siswa Kelompok B Semester II Th. Pelajaran 2017/ 2018 di TK Al-Jihad Ngulankulon Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek

 
Creator susilowatI, endang eko
 
Description Penelitian ini memiliki latar belakang adanya permasalahan rendahnya hasil belajar dalam kemampuan membilang di TK Al-Jihad Desa Ngulankulon Kecamtan Polagan Kabupaten Trenggalek. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengatasi hal tersebut adalah pembelajaran membilang dengan menggunakan kartu gambar pada siswa kelompok B Semester II tahun 2017/2018. Peneliti menemukan kemampuan anak dalam membilang mengalami kesulitan. Penyebab permasalahan dari guru sebagai peneliti adalah pembelajaraan yang diberikan monoton dan guru jarang memberikan pembelajaran menggunakan media yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan dan peningkatan kemampuan membilang menggunakan media kartu gambar pada Kelompok B TK Al-Jihad IV-43 Pogalan Trenggalek. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan presentase pada hasil belajar anak. Setelah tindakan pembelajaran menggunakan media kartu gambar yang dilakukan dari Siklus I sampai Siklus II. Faktor yang menyebabkan peningkatan adalah dengan penerapan media kartu gambar berarti terjadi pembelajaran bermakna, dan siswa terlibat aktif. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu gambar dapat meningkatkan hasil belajar kemampuan bercerita kelompok B TK Al-JIhad Pogalan Trenggalek.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2020-01-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/194
10.28926/riset_konseptual.v4i1.194
 
Source Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 4 No 1 (2020): Volume 4, Nomor 1, January 2020; 158-164
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 4 No 1 (2020): Volume 4, Nomor 1, January 2020; 158-164
2598-2877
2598-5175
 
Language eng
 
Relation https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/194/213
 
Rights Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0